Gaya Hidup

Ethno Wellness Menjadi Salah Satu Kunci Bagi Indonesia untuk Bisa Bersaing di Kancah Ekonomi Dunia

Penulis: Heru Sutrisno

Ayonews, Jakarta
Sudah lebih dari setengah bulan Indonesian Wellness Tourism International Festival (IWTIF) 2021 berjalan. Sebuah ajang yang layak mendapat dukungan dari banyak pihak dalam melestarikan ethno wellness, sebuah budaya kesehatan dari beragam etnik di  nusantara.

“IWTIF ini diselenggarakan untuk melestarikan, mempromosikan dan mempromosikan etno-wellness Indonesia sebagai situs warisan dunia. Sehingga potensi budaya Indonesia melalui herbal dan produk kesehatan dari UKM Indonesia dapat dikenal dan dinikmati oleh masyarakat lokal maupun internasional,” ujar Agnes Lourda Hutagalung, Ketua Panitia IWTIF 2021, dalam diskusi virtual IWTIF, Sabtu (18/9/2021) di Jakarta.

Dia berharap, IWTIF dapat menjadi ajang promosi pariwisata kesehatan Indonesia pada tahun 2021 hingga akhir bulan ini.

“IWTIF punya peran penting dalam memasarkan dan menjual produk dan jasa di pasar lokal dan internasional,” ujarnya.

Melalui layanan herbal dan rempah-rempah, serta spa kesehatan Indonesia, pakar kecantikan ini meyakinkan bisa menciptakan nilai ekonomi bagi masyarakat.

“Meningkatkan perekonomian nasional dengan berbagai multiplier effect,” tambahnya.

Lourda mengungkapkan, sejalan dengan fakta bahwa Indonesia menempati peringkat ke-17 di pasar pariwisata kesehatan dunia. Sementara pariwisata kesehatan itu sendiri merupakan proyek percontohan untuk mempromosikan bisnis inklusif di Indonesia.

“Pandemi Covid-19 sangat mempengaruhi perusahaan pariwisata dan bisnis lainnya, terutama yang terkait dengan kegiatan kesehatan dan alam,” tambahnya.

Dari budaya lokal, ada sekitar 1340 etnis,  menciptakan kekayaan tentang rempah-rempah dan rempah-rempah sebagai bahan produk, berbagai bentuk seni budaya, serta keramahan dan layanan terapis Indonesia.

“Fakta ini dapat berkontribusi pada pengembangan pariwisata kesehatan global. Kesehatan berbasis kearifan lokal atau ethno-wellness menjadi kunci bagi Indonesia untuk bersaing di kancah dunia,” ucapnya.

Menurut Lourda, dari sektor ini pemulihan ekonomi nasional melalui sektor pariwisata bisa tercapai. “UKM Indonesia (Usaha Kecil Menengah) merupakan salah satu kontributor terpenting bagi kekuatan perekonomian. Ethno wellness juga menjadi bagian dari UKM tersebut,” ujarnya.

Karena itu, dengan pesatnya perkembangan industri kecantikan dan kesehatan Indonesia, lanjutnya, perlu mempromosikan produk kesehatan Indonesia buatan UKM lokal di komunitas lokal dan internasional.

“Sehingga kepercayaan pada inovasi produk lokal dapat membantu masyarakat Indonesia bertahan dari pandemi,” ujarnya.

Hingga hari ini, lanjutnya, sekitar 200 UKM dari sektor kesehatan telah dilibatkan secara virtual melalui berbagai kegiatan. Seperti webinar kesehatan dan pariwisata, kursus dan lokakarya pelatihan kesehatan, pasar online, kompetisi dan upacara penghargaan untuk merek yang dapat diakses publik dan dapat dikunjungi di situs iwtif.

“Festival internasional yang melibatkan 12 negara dan bekerja sama dengan kedutaan besar Indonesia dan diaspora di masing-masing negara, ini targetnya akan menarik sekitar 500.000 pengunjung lokal dan internasional selama periode acara,” bebernya.

Spa 
Di luar ethno spa, sebagai pakar kecantikan dan kesehatan wanita, Lourda juga memaparkan secara umum manfaat spa. Menurutnya, saat ini spa sudah menjadi suatu hal yang biasa dilakukan oleh banyak orang, khususnya para wanita di waktu luang.

“Banyak faktor yang biasa mendorong orang-orang melakukan spa. Di antaranya untuk merileksasi diri secara maksimal atau mempercantik diri,” jelasnya.

Meski demikian, terang Lourda, spa juga memiliki banyak macamnya. Setiap jenis spa itu memiliki tujuan dan ditujukan pada orang tertentu sesuai dengan kebutuhan mereka masing-masing.

Destination spa, misalnya, merupakan spa yang dirancang untuk peremajaan secara holistik. Spa ini sangat berguna untuk membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih segar.

Destination spa akan memastikan Anda berileksasi secara total diikuti dengan pola makan yang sehat,” tambahnya.

Jenis-jenis spa destination ini biasanya terdiri dari edukasi seputar tentang kesehatan, aktivitas fisik, kuliner sehat, dan program khusus lainnya.

“Untuk mendapatkan relaksasi total destination spa pada umumnya membutuhkan waktu lebih dari satu hari,” katanya.

Berbeda dengan destination spa, day spa ini merupakan spa yang tidak memerlukan waktu berhari-hari untuk melakukannya. Day spa merupakan kegiatan spa yang menawarkan berbagai macam perawatan dan bisa dinikmati setiap hari.

“Biasanya day spa ditangani oleh tenaga kerja ahli atau tenaga kerja yang sudah terlatih di bidang kecantikan. Beberapa macam perawatan yang biasa ditawarkan oleh day spa yaitu pedicure, manicure, facial atau body massage,” urainya.

Apabila day spa itu menggunakan tenaga kerja terlatih di bidang kecantikan maka untuk tenaga kerja medical spa yaitu para staf medis yang sudah memiliki lisensi. Sebab, pelayanan yang ditawarkan oleh medical spa harus melalui prosedur medis dan biasanya juga menggunakan alat-alat medis.

Contohnya, pelayanan yang biasa ditawarkan oleh medical spa berupa laser hair removal, suntik botox, pengangkatan keriput pada wajah, dan juga perawatan yang menggunakan bahan kimiawi.

Jenis-jenis spa berikutnya yaitu health spa. Kalau health spa ini merupakan spa yang berfokus pada kesehatan secara keseluruhan.

Health spa biasanya dilakukan di tempat yang jauh dari keramaian, tenang, dan juga damai. Saat melakukan health spa ini biasanya akan ditangani oleh praktisi yang akan memberikan saran-saran untuk menunjang kesehatan Anda.

Sementara itu resort spa merupakan spa yang biasanya terdapat di sebuah resort atau hotel. Spa ini biasanya termasuk dari salah satu fasilitas hotel atau resort tersebut. Resort spa biasanya dibangun untuk menambah kenyamanan agar para tamu betah untuk berlama-lama di hotel.

“Spa jenis ini sangat cocok untuk para traveler yang sering menempuh perjalanan jauh. Dengan menggunakan fasilitas resort spa dijamin semua rasa penat dan pegal akan segera hilang dan badan akan menjadi bugar kembali.

Sebenarnya, spa juga bisa dilakukan di rumah. Namun demikian, banyak orang nggak mau repot dan memiliki cukup waktu mengatur ruangan rumah sedemikian rupa menjadi ruangan khusus spa.

“Anda bisa pergi ke tempat spa yang memiliki posisi terdekat dari posisi Anda. Untuk masalah harga tentu saja setiap tempat spa akan memiliki harga yang berbeda-beda,” tutupnya.

Bila dikaitkan dengan ethno spa atau ethno wellness memiliki tujuan yang sama dalam menjaga kesehatan dan kebugaran. “Hanya saja, ethno spa tentu saja terkait dengan berbagai kearifan lokal dan budaya dari beramag etnis yang ada di tanah air,” tutupnya.(***)

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Most Popular

To Top