Kesehatan

Yuk Bikin Hand Sanitizer Sendiri, Bahan-bahannya Mudah Didapat Lho…

Penulis: Heru Sutrisno
Ayonews, Jakarta
Pandemi Covid-19 hampir berlangsung selama dua tahun. Selama itu pula, hand sanitizer menjadi bagian dari kebutuhan sehari-hari. Hampir di setiap rumah, perkantoran, gedung, mall-mall, pasar, bahkan banyak orang membawa antiseptik ini ke mana-mana.

Ya, hand sanitizer merupakan cairan antiseptik pengganti sabun. Benda cair ini dipakai saat tidak ditemukan sabun dan air untuk membersihkan tangan.

Hand sanitizer memang efektif untuk mencegah penyebaran virus Covid-19. Tapi hanya bila Anda menggunakannya dengan tepat.

“Salah satu faktor yang menentukan tepat atau tidaknya suatu produk hand sanitizer adalah bahan aktif di dalamnya,” ujar Yoyoh R. Tambera, Wellness and Healthcare Enterpreneur Association di sela-sela diskusi rutin Indonesian Wellness Tourism International Festival (IWTIF) 2021 di Jakarta, Sabtu (18/9/2021).

Dalam kesempatan acara yang didukung Kemenparkeraf ini, Yoyoh memaparkan bagaimana cara membuat hand sanitizer sendiri. Bisa dalam jumlah banyak atau hanya sekadar untuk kebutuhan sendiri.

Yoyoh menyebutkan beberapa bahan aktif hand sanitizer. Bahan utamanya dari alkohol. Namun ada beberapa jenis alkohol yang bisa dipakai. Misalnya, ethanol atau ethyl alcohol.

“Alkohol pada hand sanitizer, terutama dari jenis etanol atau isopropil alkohol. Alkohol ini dapat menguraikan dan menghancurkan ikatan selubung virus. Virus akhirnya tidak bisa bertahan atau pun memperbanyak diri. Kemudian lama-kelamaan akan mati,” jelasnya.

Kedua, methanol. Alkohol jenis ini sangat berbahaya bila dikonsumsi. Efeknya bisa merusak jaringan otak, pencernaan, bahkan kebutaan. Biasanya methanol dipakai untuk pelarut cat, obat nyamuk dan pengawet.

“Bahan aktif hand sanitizer biasanya menggunakan isopropyl alkohol. Alkohol jenis ini digunakan untuk alkohol oles atau untuk produk pembersih tangan. Sifatnya cepat menguap dari kulit dan menambahkan sensasi dingin. Jenis alkohol ini tidak aman untuk terkonsumsi.

Bahan aktif hand sanitizer dari aloe vera gel. Manfaat aloe vera dapat mencegah efek iritasi kulit yang sangat mungkin disebabkan alkohol.

“Ini karena manfaat aloe vera bisa melembapkan dan melembutkan kulit. Untuk itu aloe vera ini bisa digunakan sebagai bahan campuran dalam pembuatan hand sanitizer,” ujarnya.

Agar mengeluarkan wewangian, bisa dicampur dengan essential oil atau minyak atsiri. Berikut beberapa aromatherapy yang bisa diaplikasikan ke hand sanitizer. Di antaranya, cinnamon oil, rosemary oil, tea tree oil, eucalypthus oil, cajeput oil, grapefruit oil, lemonggrass oil, bergamot oil, clove bud, lavender oil, peppermint oil.

Cara membuat hand sanitizer itu sendiri, Yoyoh mengungkapkan, siapkan 25 gr cup aloe vera gel (sebagai zat aditif) ditambah 35 ml alkohol food grade sebanyak 70 %. kemudian teteskan 3 – 4 tetes essential oil sebagai pewangi.

Atau 59 ml alkohol food grade 70%, 10 tetes essential oil, 3-4 tetes zinc gluconate / vitamin E. 1-2 tetes PEG 40.

“Hand sanitizer yang menggunakan tambahan lidah buaya dapat menjaga kelembaban dan kekenyalan kulit secara alami. Sebab, lidah buaya mengandung antioksidan, vitamin A , E serta mineral,” ujarnya.

Meski demikian, Yoyoh mengatakan bahwa bahan-bahan penggunaan hand sanitizer tetap tidak dapat menggantikan manfaat cuci
tangan menggunakan air dan sabun.

“Jadi, pastikan Anda hanya menggunakan hand sanitizer ketika air dan sabun benar-benar tidak tersedia,” tandasnya.(***)

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Most Popular

To Top