Ibukota

Rekomtek Bongkar Paksa Parabola di Rawa Buaya Tak Dijalankan, Diduga Kasatpol PPJakbar Salah Gunakan Jabatan

Penulis: Dedy Budiman
Jakarta, Ayonews
Tak dilaksanakannya Rekomendasi Teknis (Rekomtek) Bongkar Paksa dari Kepala Suku Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan (Kasudin Citata) Jakarta Barat untuk membongkar parabola di Jl Pulo Nangka I RT 09 RW 02, Kelurahan Rawa Buaya, Cengkareng oleh Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasat Pol PP) Jakarta Barat menimbulkan sejumlah pertanyaan.

Padahal, sesuai Pergub No. 279 tahun 2016 tentang Organisasi dan Tata Kerja Dinas CKTRP (cipta karya, tata ruang dan pertanahan) pasal 32 ayat (20) huruf h bahwa Dinas CKTRP Jakarta Barat menyusun Rekomtek bongkar paksa kepada Satpol PP Jakarta Barat.

Dengan tidak dilaksanakannya Rekomtek Bongkar Paksa tersebut; diduga Kasat Pol PP Jakarta Barat, Tamo Sijabat melakukan penyelewengan jabatan.

Sekadar diketahui, dari data yang ada, terungkap pada 16 Juli 2021, Kasudin Citata mengeluarkan Rekomtek Bongkar Paksa kepada Kasat Pol PP Jakarta Barat untuk membongkar bangunan parabola di Jl. Pulo Nangka I RT 09 RW 02 Kelurahan Rawa Buaya, Kecamatan Cengkareng.

Sementara Ketua Umum Forum Wartawan Jakarta (FWJ) Indonesia Mustofa Hadi Karya atau yang biasa di sapa Opan menyebut pembiaran bongkar paksa pembangunan parabola terebut setelah dikeluarkannya Rekomtek oleh Kasudin Citata Jakarta Barat, ditengarai ada praktik-praktik lingkaran penyesatan dalam ruang lingkup Sat Pol PP di Jakarta Barat.

“Itu cukup jelas adanya dugaan konspirasi permainan oknum Sat Pol PP Jakarta Barat dengan pemilik atau pengembang dari proyek pembangunan parabola itu,” kata Opan di Jakarta.

Lebih rinci dia mengatakan, peristiwa tersebut bukanlah terjadi sekali atau dua kali. Pembiaran yang dilakukan Tamo beserta jajaran Sat Pol PP nya menggiring ada nama oknum wartawan  Jakbar berinisial K sebagai orang yang memegang kendali di lapangan.
“Dan diduga sebagai kepanjangan tangan Sat Pol PP Jakarta Barat untuk deal-dealan damai (86) dengan pihak pemilik maupun pengembang,” tandas Opan.

Sementara Tamo Sijabat, Kasat Pol PP Jakarta Barat saat dikonfirmasi melalui WhatsApp hanya membaca pesan dan tidak merespon masalah tersebut.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Most Popular

To Top