Ibukota

Sarat Kongkalingkong & Menyalahi Izin, Bangunan ini Harus Dibongkar, Kalau Masih Membandel, Rubuhkan!

Reporter:Heru Sutrisno

Ayonews, Jakarta
Proyek pembangunan rumah kos 8 lantai dengan basement di Jl. Raya Kebon Jeruk No. 2 / Jl. Anggrek No. 3 RT 004 RW 006 Kelurahan Sukabumi Utara, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, diduga sarat dengan praktik kongkalingkong.

Pasalnya, pembangunan rumah kos tersebut memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB) untuk membangun rumah kos tujuh lantai plus basement.

Berdasarkan pantauan lembaga swadaya masyarakat (LSM) Lensa, di lokasi malah terlihat membangun rumah kos 8 lantai dengan basement.

“Hal ini jelas menyalahi aturan, pembangunan rumah kos tersebut. Aparat terkait harus menindak tegas. Kalau membandel, robohkan saja!” kata Sekretaris Jenderal Lensa, Lestari, Rabu (16/6/2021).

Menurut Lestari, pembangunan kos tersebut juga dinilai telah menyalahi pasal 246 ayat 1 dan pasal 247 ayat 1 Perda No. 1 tahun 2012 tentang Rencana Tata Ruang wilayah tahun 2030.

“Dengan demikian tidak menaati rencana tata ruang dan mengakibatkan terjadinya perubahan fungsi ruang serta pemanfaatan ruang tidak sesuai izin, ” ungkapnya.

Selain itu, lanjutnya, pembangunan yang tidak sesuai izin merugikan PAD (pendapatan asli daetah) dari retribusi yang seharusnya diterima Pemda DKI.

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan Jakarta Barat, Kasudin Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan Jakarta Barat Bayu Ajisaat saat dikonfirmasi via whatsapp tidak menanggapi.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Most Popular

To Top