Hukum & Kriminal

Munarman Ditangkap Terkait Kegiatan Baiat ISIS di UIN Jakarta & 2 Tempat Lainnya

Penulis: Dedy Budiman
Ayonews, Jakarta
Mantan sekretaris umum sekaligus pengacara Rizieq Shihab dibekuk Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri terkait sejumlah kegiatan baiat di beberapa kota.

“Jadi (penangkapan) terkait dengan kasus baiat di UIN Jakarta, kemudian juga kasus baiat di Makassar dan ikuti baiat di Medan,” kata Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Polri Kombes Ahmad Ramadhan kepada wartawan, Selasa (27/4/2021).

Dia tidak menjelaskan lebih detail mengenai kapan waktu baiat itu dilakukan oleh Munarman. Dia hanya memastikan bahwa kini Munarman telah dibawa langsung ke Polda Metro Jaya usai ditangkap di kediamannya kemarin siang.

Penangkapan tersebut, menurutnya, merupakan hasil pengembangan yang dilakukan oleh Densus 88 dari serangkaian penangkapan teroris di beberapa wilayah belakangan ini.

Ramadhan menjelaskan bahwa Munarman kooperatif dan tidak melakukan perlawanan selama penangkapan oleh pihak kepolisian.

“Baiatnya kalau Makassar yang ISIS, kalau (Jakarta dan Medan) itu belum kami terima,” tambah Ramadhan.

Munarman diduga bermufakat jahat untuk melakukan tindak pidana terorisme. Namun belum dirinci terkait kasus apa tindak pidana tersebut.

“Munarman diduga menggerakkan orang lain untuk melakukan tindak pidana terorisme, bermufakat jahat untuk melakukan tindak pidana terorisme dan menyembunyikan informasi tentang tindak pidana terorisme,” ucap Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono.

Belum ada keterangan resmi dari pihak Munarman terkait penangkapan tersebut.

 

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Most Popular

To Top