Hukum & Kriminal

Komplotan Derek Liar Digulung Polisi, 1 Ditangkap, 3 Sukses Kabur

 

Penulis: Imron Gofur

Ayonews, Jakarta

Polda Metro Jaya berhasil menangkap pelaku derek liar yang meresahkan para pengguna jalan tol Jakarta-Cikampek.

Polisi menyatakan, Surat Izin Mengemudi (SIM) yang digunakan sopir derek ilegal yang beroperasi di dekat Gerbang Tol Halim, Jakarta Timur, tak sesuai dengan kendaraan yang digunakan.

Satu dari tiga orang operator derek ilegal itu, yaitu YJ, akhirnya ditangkap polisi. Pelaku ditangkap di kilometer 10 Tol Cikunir, Bekasi, Jawa Barat, Kamis (15/4/2021) siang.

Tiga orang lainnya lolos saat hendak ditangkap polisi.

“Surat dan STNK mati. SIM yang digunakan itu bukan SIM peruntukannya. SIM A kendaraan biasa roda empat yang dimiliki,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus, Kamis.

Yusri menjelaskan, penangkapan pelaku bermula saat anggota Patroli Jalan Raya (PJR) Polda Metro Jaya menyisir jalan tol setelah kejadian pemaksaan penggunaan derek tersebut viral di media sosial.

“Tim menemukan satu kendaraan dan diberhentikan ada empat orang di dalam. Tiga orang melarikan diri sedangkan satu inisial YJ yang berhasil diamankan,” kata Yusri.

Polisi masih memeriksa tersangka kasus pemaksaan penggunaan derek itu serta memburu tiga rekannya yang melarikan diri.

“Kami sosialisasikan juga. Kalau untuk derek di jalan tol itu sudah disiapkan oleh Jasa Marga. Itu gratis dan tidak ada bayaran. Ini derek liar yang sering beredar di jalan tol dan sering meras masyarakat yang mogok,” kata Yusri.

 

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Most Popular

To Top