Hukum

Bea Cukai Juanda Gagalkan Upaya Penyelundupan Benih Bening Lobster Tujuan Batam

Kontributor: Sam Alegra

Ayonews, Sidoarjo
Petugas Bea Cukai Juanda berhasil menggagalkan upaya penyelundupan pengiriman benih bening lobster (BBL) tujuan kawasan bebas Batam melalui terminal 1 Bandar Udara Internasional Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur, Senin (8/3/21)

Bermula dari informasi yang di terima oleh petugas P2 Bea Cukai Juanda terkait adanya BBL ilegal tujuan Kawasan Bebas Batam menggunakan pesawat Lion JT 0971 dari Surabaya (SUB) tujuan Batam (BTH).

Dari informasi tersebut petugas Unit P2 Bea Cukai Juanda bersama BKIPM Surabaya I melakukan pengawasan terhadap cargo pengiriman pesawat yang diduga akan melakukan pengiriman BBL ilegal tersebut.

“Mendapatkan informasi tersebut, petugas unit P2 Bea dan Cukai Juanda bersama BKIPM Surabaya I melakukan pengawasan terhadap kargo pengiriman pesawat yang diduga akan melakukan pengiriman BBL ilegal,” kata Budi Harjanto, kepala kantor Bea Cukai Juanda.

Petugas mencurigai satu paket karton dengan nomor Surat Muatan Udara 990-16622992 yang dikirimkan oleh seseorang berinisial S melalui ekspedisi PT AAP.

Setelah diperiksa, petugas menemukan 30 kantong plastik yang di dalamnya berisi puluhan ribu ekor benur. Dari total kantong itu, sebanyak 29 di antaranya masing-masing memuat seribu ekor benur jenis pasir.

Sedangkan satu kantong lainnya berisi 250 ekor benur jenis mutiara. Bea Cukai memperkirakan puluhan ribu benur ini memiliki nilai Rp 2,93 miliar.

Barang hasil sitaan petugas kemudian diserahkan ke balai karantina ikan, pengendalian mutu, dan keamanan hasil perikanan atau BKIPM Surabaya I.

Bea Cukai akan melakukan proses lebih lanjut terkait penangkapan benur ilegal ini dan eksportasi ilegal baby lobster tersebut akan dilakukan penindakan, penelitian dan penyelidikan lebih lanjut.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Most Popular

To Top