Politik

Jokowi Berpeluang Jadi Presiden Tiga Periode, Apa Aja Sih Syaratnya?

Penulis: Maruli Siahaan
Ayonews, Jakarta
Jika mengacu pada konstitusi UUD 45, Joko Widodo (Jokowi) tidak mungkin maju kembali sebagai calon presiden pada Pilpres 2024 mendatang.

Namun demikian, peluang untuk maju kembali memimpin Indonesia peluang itu masih terbuka lebar.

“Tapi ada syaratnya,” cetus pengamat politik Ujang Komarudin di Jakarta, Rabu (18/2/2021).

Memang, lanjut dosen Universitas Al-Azhar ini, mantan gubernur DKI Jakarta itu sudah menjabat sebagai presiden sebanyak dua periode.

“Jadi, tidak mungkin maju lagi, karena konstitusi (UUD 1945) membatasi presiden dengan dua periode jabatan. Masyarakat juga ingin mengubah keadaan dengan Pemilu 2024 nanti,” ujar Ujang seperti dikutip jpnn.

Presiden Jokowi dimungkinkan maju kembali sebagai calon presiden, lanjut Ujang, jika dilakukan amandemen terhadap UUD 1945.

“Terutama pasal yang mengatur pembatasan presiden satu periode dan dapat dipilih kembali pada periode berikutnya, kalau itu bisa diubah, Jokowi bisa saja maju lagi,” ucapnya.

Direktur eksekutif Indonesia Political Review ini menyimpulkan, bisa tidaknya Jokowi maju kembali sebagai calon presiden, sepenuhnya tergantung pada perkembangan politik ke depan.

“Mari kita lihat perkembangan politik dalam dua tahun ke depan, sebelum Pilpres 2024 digelar. Biasanya semua akan terlihat menjelang pemilu,” pungkas Ujang

 

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Most Popular

To Top