Hukum

Mantan Dirut Garuda Dieksekusi Jaksa KPK ke Lapas Sukamiskin

Ayonews, Jakarta

Jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengeksekusi mantan Direktur Utama (Dirut) PT Garuda Indonesia (Persero) Emirsyah Satar ke Lapas Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat.

Emirsyah Satar akan menjalani hukuman pidana 8 tahun penjara sebagaimana putusan kasasi Mahkamah Agung (MA).

“Tim Jaksa Eksekusi KPK, Rabu, (3/2/2021) telah melaksanakan eksekusi pidana badan terhadap terpidana Emirsyah Satar berdasarkan Putusan PN Tipikor pada PN Jakarta Pusat 121/Pid.Sus/TPK/2019/PN.Jkt.Pst tanggal 8 Mei 2020 Jo Putusan PN Tipikor pada PT DKI Jakarta Nomor : 19 /Pid.Sus-TPK/2020/PT DKI tanggal 17 Juli 2020 Jo Putusan MA Nomor: 4792 K/Pid.Sus/2020 tanggal 23 Desember 2020 yang telah berkekuatan hukum tetap dengan cara memasukkannya ke Lapas Sukamiskin,” kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri kepada wartawan, Jumat (5/2/2021).

Emirsyah Satar akan menjalani pidana penjara selama 8 tahun dikurangi selama berada dalam tahanan.

Dia juga wajib membayar denda sejumlah Rp 1 miliar dengan ketentuan apabila denda tersebut tidak dibayar maka diganti dengan pidana kurungan selama 3 bulan.

“Selain itu dibebankan juga untuk membayar uang pengganti sejumlah SGD 2.117.315,27 dengan ketentuan apabila tidak membayar dalam waktu 1 bulan sesudah putusan pengadilan mempunyai kekuatan hukum tetap maka harta bendanya akan disita dan dilelang untuk menutupi uang pengganti tersebut,” ucap Ali.

Jika harta benda tidak menutupi uang pengganti, ungkap Ali, maka Emirsyah Satar dipidana penjara 2 tahun.

Seperti diketahui, MA menolak permohonan kasasi Emirsyah Satar. Alhasil, Emirsyah tetap dihukum 8 tahun penjara dalam kasus korupsi dan pencucian uang pembelian pesawat hingga pemeliharaan pesawat Garuda.

“Tolak,” demikian bunyi amar kasasi yang dilansir website MA, Rabu (23/12/2020).

Vonis itu diketok pada Selasa (22/12) kemarin dengan ketua majelis Suhadi serta anggota Syamsul Rakan Chaniago dan Agus Yunianto

 

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Most Popular

To Top