Ibukota

Puluhan Tahun Nggak Pernah Dikuras, Begini Kondisi Got di Petojo Utara

Reporter: Irvan Siagian
Ayonews, Jakarta
Saluran air ngembeng dan muter-muter ditemukan di saluran air mikro di Jalan Pembangunan I Dalam RW 01, Petojo Utara, Gambir, Jakarta Pusat.

Saluran ini akhirnya dibedah petugas Sumber Daya Air (SDA) Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat saat menggelar kegiatan ‘Gerebek Lumpur’, Minggu (24/1/2021).

“Saluran air mikro ini dikuras lumpurnya atas permintaan warga di sini karena ada saluran air nya tidak mengalir seperti ngembeng di depan rumah,” ungkap Satino, Kepala Satuan Pelaksana (Kasatpel) Sumber Daya Air (SDA) Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat.

Satino menerangkan, untuk mengerjakan saluran tersebut ada sebanyak 25 pasukan biru Satuan Tugas (Satgas) SDA Kecamatan Gambir yang diterjunkan ke lokasi saluran ini.

“Gimana mau mengalir saluran ini, sampah lumpur nya banyak dan di atas saluran nya juga tertutupi dengan bangunan berupa tangga, dapur, kamar mandi atau sumur dan lain-lain,” ucapnya.

Selain itu, tambah Satino saluran air ini juga sudah puluhan tahun tidak pernah dikuras. “Informasi dari warga saluran air, Jalan Pembangunan I Dalam ini sudah puluhan tahun tidak dikuras. Panjangnya meliputi 300 meter dengan lebar 80 cm, ketebalan lumpur hingga 60 cm,” paparnya.

“Hari ini kami bedah saluran air ini dengan pengurasan lumpur terlebih dahulu sepanjang 50 meter sebagai tindaklanjut permintaan warga yang sudah diusulkan warga melalui Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) pada tahun 2019 lalu ini.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Most Popular

To Top