Ibukota

Dengan Tilang Elektronik Tak Ada Lagi Tawar Menawar Harga Pas Tancap Gas

Penulis: Idham Kurniawan

Ayonews, Jakarta
Hingga kini, Dirlantas Polda Metro Jaya telah memasang 53 kamera sebagai penerapan electronic traffic law enforcement (e-TLE) atau tilang elektronik di beberapa ruas jalan Ibukota.

Selain secara bertahap akan menghilangkan tilang secara langsung di lapangan, di masa pandemi ini, e-TLE menjadi solusi juga dalam pencegahan penyebaran virus Covid-19.

“Ya secara bertahap karena mudah-mudahan ke depan akan tambah banyak lagi,” kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, di Jakarta (22/1/2021).

“e-TLE ini juga sangat efektif karena mengurangi interaksi petugas dan masyarakat untuk mengurangi risiko penularan virus Corona,” tambahnya.

Selain itu, e-TLE juga sebagai upaya Dirlantas Polda Metro Jaya dalam meningkatkan akuntabilitas Polri dan transparansi pelanggaran lalu lintas.

“Dengan adanya tilang elektronik, dapat menghilangkan proses negosiasi antara pelanggar lalu lintas dengan petugas. karena tidak ada pertemuan antara petugas dan masyarakat,” tukasnya.

Masyarakat menyambut baik program Dirlantas Polda Metro Jaya dalam menerapkan e-TLE.

Hilman (45), seorang warga yang sedang berkunjung di Polda Metro Jaya untuk mengurus surat-surat balik nama kendaraan mengapresiasi program tersebut.

“Polantas makin oke. Sehingga dengan e-TLE ini tidak ada lagi ungkapan seperti dalam kutipan lagu Iwan Fals; “tawar menawar harga pas tancap gas… ” ucapnya.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Most Popular

To Top