Nasional

Pendeta ini Dukung Menag Yaqut Memberantas Aksi-aksi Intoleransi di Indonesia

Penulis: Maruli Siahaan
Ayonews, Jakarta
Baru dua hari menjabat sebagai Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas menegaskan komitmennya bahwa ia akan melawan segala bentuk intoleransi di tanah air.

Dalam pidatonya Yaqut bercerita ketika bertemu warga negara Indonesia di Amerika Serikat pada perayaan Natal secara virtual, Jumat (25 Desember 2020), ia berkomitmen akan melindungi dan memfasilitasi seluruh umat beragama di Indonesia.

“Saya ingin menyampaikan kepada saudara-saudara semua bahwa Menteri Agama kali ini adalah Menteri Agama untuk semua agama. Kami berkomitmen bahwa perlindungan terhadap umat beragama di Indonesia tidak akan memilih-milih,” ucap Yaqut sebagaimana dikutip dari siaran videonya di Youtobe, Minggu (27 Desember 2020).

Pria yang akrab disapa Gus Yaqut mengatakan, Indonesia adalah milik bersama dan bukan milik satu golongan tertentu. Menurutnya, pelindungan terhadap seluruh umat beragama adalah mandat yang akan dilaksanakan oleh Kementerian Agama.

“Semua penganut agama akan kami lindungi dan difasilitasi untuk Indonesia. Indonesia bukan hanya milik satu agama saja, tapi Indonesia adalah milik kita semua. Semoga Tuhan memberkati kita semua,” tegasnya.

Seorang pendeta dari Medan, Faber Manurung sangat bangga dengan komitmen Menag yang menyatakan sebagai Menag semua agama.

“Apalagi beliau berkomitmen akan memberantas intoleransi di tanah air,” ujar Pendeta yang tengah berjuang membela hak hidup jemaat HKBP (Huria Kristen Batak Protestan) di Desa Parbulu, Parmaksian, Toba Sumatera Utara yang selama 30 tahun menghadapi limbah beracun dari PT.Toba Pulp Lestar (TPL) itu.

Menurutnya, dari video yang sudah beredar di media maupun youtobe menunjukan kalau Yaqut konsisten dengan ucapannya.

”Karena keyakinan beragama bahwa manusia itu sama di mata Tuhan,” tandasnya.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Most Popular

To Top