Ibukota

Pejabatnya Nggak Becus Bekerja, Kawasan Senen yang Jadi Ikon Ibukota Kondisinya Ambyar

Penulis: Irfan S.

Ayonews, Jakarta
Bertahun-tahun kawasan Stasiun Senen, Jalan Stasiun Senen Raya tidak berubah. Bahkan kian hari di kawasan ini semakin berantakan, semrawut dan awut-awutan.

Meski kawasan Stasiun Senen ini menjadi kawasan program penataan Kegiatan Strategis Daerah (KSD) Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan, tapi fakta di lapangan, estetika Stasiun Senen dan Terminal Senen semakin nggak karuan.

Padahal, stasiun maupun Terminal Senen ini merupakan aset dan ikon DKI Jakarta di wilayah Jakarta Pusat. Namun keberadaan keduanya tak lebih bak pasar tumpah. Kesemrawutan akibat lapak-lapak parkir dan pedagang menambah Senen ambyar.

Ironisnya, aparat Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat tak berdaya. Kondisi berantakan seperti sekarang ini dibiarkan saja.

Menanggapi, fenomena semrawut ini, Tokoh Masyarakat Jakarta Pusat, Budiman mengaku, miris melihat kondisi kawasan Stasiun Senen dan Terminal Senen semrawut dan awut-awutan karena banyak lapak parkir dan pedagang kuasai fasum.

Dia menilai, pembiaran ini karena pejabat di wilayah bisanya cuma omong doang (Omdo) dan tak becus bekerja.

“Bertahun-tahun lapak-lapak parkir dan pedagang kuasai halte dan pedestrian maupun bahu jalan di kawasan ini dibiarkan saja,” tegasnya, Jumat (18/12/2020).

Dia meminta Gubermur DKI Jakarta Anies Rasyod Baswedan segera mengevaluasi pejabat seperti ini.

“Pecat-pecatin pejabat yang diem bae melihat kondisi wilayah berantakan dan awut-awutan. Terlebih, kawasan tersebut merupakan KSD Gubernur Provinsi DKI Jakarta. Seharusnya, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang menangani permasalahan pasar dan stasiun ini lebih konsentrasi pada penataan. Jangan sampai lingkungan sekitar menjadi semrawut, macet serta tebar aroma tidak sedap,” tandasnya.

Sebelumnya, Kasatppl PP Provinsi DKI Jakarta, Arifin sempat meninjau di kawasan Stasiun Senen, belum lama ini, Senin (7/12/2020).

Saat Sidak di Stasiun Senen, Arifin hanya mengamati sekitar Stasiun Senen, Jalan Stasiun Senen Raya.

“Kami meninjau Stasiun Senen ini sekaligus memastikan penataan Tramtibum,” tandasnya.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Most Popular

To Top