Nasional

Stop Politik Identitas, Aktivis Pro Dem Dukung Listyo Sigit Prabowo Kapolri

Penulis: Idham Kurniawan

Ayonews, Jakarta
Munculnya isu politik identitas untuk menjegal Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri disesalkan kalangan aktivis Pro Demokrasi.

Mereka menilai harusnya Kapolri terpilih adalah orang yang mampu melakukan penegakan hukum tanpa tebang pilih.

Selain itu, pemilihan pejabat di kepolisian maupun di instansi manapun, tidak boleh dinilai dari latar belakang suku agama, dan ras tertentu.

Siapapun bisa menjadi pejabat di sebuah instansi kepolisian dan pemerintahan, asalkan sudah memenuhi prosedur kepangkatan dan jejak rekam yang baik selama bekerja di instansi kepolisian maupun di pemerintahan tersebut.

“Kalau memang Listyo Sigit sanggup kenapa tidak. Sebagai Kabareskrim, apa yang diperbuatnya sudah bagus. Jadi saya kira sah-sah saja beliau menjadi Kapolri kalau ditunjuk presiden,” tegas Akhmad Yuslizar, aktivis 98, di Jakarta, Senin (30/11/2020).

Wartawan senior Jakarta yang biasa disapa Yos ini juga mengakui bahwa Listyo memang terbilang muda dibandingkan nominasi calon Kapolri lainnya.

Tetapi Listyo adalah pekerja keras dalam kapasitas dirinya sebagai penegak hukum.
Meski begitu, Yos mengatakan, apapun keputusan dari Presiden Jokowi pastinya adalah yang terbaik. Tentu Kapolri terpilih sudah sesuai pertimbangan matang.

“Siapapun kapolri yang dipilih presiden, adalah pilihan terbaik. Karena tentu sudah melalui proses pertimbangan yang matang. Dan pastinya Korps Bhayangkara akan terus solid membela kepentingan bangsa,” kata Yos.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Most Popular

To Top