Nasional

Siap Kerja Jujur, Ikhlas, Tuntas, Kanwil BPN Sumut Terapkan Program Salam Jitu

Penulis: Maruli Siahaan

Ayonews, Jakarta
Demi kepentingan masyarakat pemohon Sertifikat Hak atas tanah di Kantor Wilayah (Kakanwil) BPN Sumatera Utara menerapkan program Salam JITU ( Jujur, Ihklas, Tuntas) dalam melayani warga Sumatera Urara.

Kakanwil BPN Dadang Suhendi mengungkapkan bahwaSalam adalah salah satu metode yang dilaksanakan jajaran Pertanahan dalam pelayanan, sekaligus menyambut arahan Menteri ATR/Kepala BPN yang dituangkan ke dalam Rencana Strategis Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) untuk Tahun 2020-2024 di seluruh wilayah Indonesia.

“Program ini untuk mewujudkan standar World Class Bureaucracy, meningkatkan akuntabilitas, integritas dan kualitas organisasi serta inovasi yang dihasilkan memberikan kemudahan dalam pelayanan kepada masyarakat,” jelas Dadang lewat pesan Whatsapp kepada Ayonews Rabu 08/09/2020.

Untuk mewujudkan hal tersebut, lanjutnya, BPN Sumatera Utara membutuhkan sumber daya manusia ( SDM ) yang unggul dan kompetitif, memiliki kecakapan meneruskan strategi BPN seperti yang disampaikan staf Khusus Menteri ATR/Kepala BPN Bidang Penanganan Sengketa dan Konflik, Hary Sudwijanto saat memberikan Pembekalan pada Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) dan Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) yang diselenggarakan oleh Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Kementerian ATR/BPN secara virtual, Selasa (08/09/2020).

Tujuan staf Khusus Menteri ATR/Kepala BPN Bidang Penanganan Sengketa dan Konflik selain mewujudkan tujuan dari rencana strategis lima tahun ke depan, SDM Kementerian ATR/BPN merupakan unsur utama organisasi yang dapat mewujudkan terciptanya nilai-nilai organisasi.

“Insan Kementerian ATR/BPN memang harus dituntut untuk menjadi unggul dan kompetitif, karena ini merupakan prasyarat mewujudkan ATR/BPN Melayani, Profesional, Terpercaya,” lanjutnya.

Tanpa SDM yang unggul, katanya di era kecanggihan teknologi informasi dan sarana prasarana yang dimiliki saat ini, jika para tenaga tidak mampu menggunakan secara maksimal, maka penilaian kurang baik.

Lebih lanjut Dadang Suhendi mengatakan, untuk membentuk SDM yang unggul dan kompetitif, dibutuhkan pembentukan budaya kerja dalam suatu organisasi. Salah satunya dengan menerapkan Salam JITU ( Jujur, Ihklas, Tuntas) beretika tanggap kemasyarakatan dan memiliki kepribadian dalam kehidupan sehari-hari.

“Dengan menerapkan Salam JITU ( Jujur, Ihklas, Tuntas) menjadi salah satu etika ini yang nantinya membentuk sikap moral insan ATR/BPN di wilayah Sumatera Utara senantiasa menjunjung tinggi perilaku dan hal-hal yang tumbuh dan berkembang di dalam masyarakat sebagai dasar dalam melayani masyarakat,” ucapnya.

 

 

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Most Popular

To Top