Ibukota

Kelurahan Senen Bakal jadi Pilot Project Ketahanan Pangan Satgas Covid-19 Selama Pandemi yang Entah Kapan Berakhir

Penulis: Michael

Ayonews, Jakarta

Virus Covid-19 yang hampir mewabah di seluruh wilayah di negeri ini berimbas tak hanya pada kesehatan saja, namun pada perekonomian rakyat dan negara.

Berbagai upaya telah dilakukan secara masif oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, guna dapat mencegah penyebaran virus. Namun hingga kini, wabah tak juga hilang. Bahkan, semakin parah.

Sebagai salah satu upaya ketahanan pangan masyarakat yang terdampak adalah dengan melakukan urban farming, ternak lele, pembagian masker, pembagian jamu (empon-empon), pembagian minuman, produksi masker dengan mengembangkan UMKM di tingkat kelurahan ke bawah dan lain sebagainya.

Ide dalam mengatasi masalah ekonomi masyarakat ini muncul saat audiensi Gerakan Anti Covid-19 (GAC-19) dengan jajaran Kelurahan Senen, Bimmas, Babinsa, Kader PKK dan Karang Taruna di wilayah Senen, Jakarta Pusat pada Rabu (9/9/2020) pukul 17.00 wib bertempat di aula Kelurahan Senen, Jakarta Pusat.

Selain memberikan edukasi tentang gerakan pola hidup sehat dan ekonomi kerakyatan berbasis lingkungan tingkat RW, dalam audiensi ini juga dibentuk Poslink (pos lingkungan) yang dikomandai setiap Ketua RW di wilayah Kelurahan Senen.

“Tujuan pembentukan Poslink agar sosialisasi soal pencegahan wabah Covid-19 semakin tepat sasaran. Ide dari masyarakat ini sangat bagus,” tutur Lurah Senen, Sauri kepada Ayonews.

Untuk mengontrol berbagai kegiatan Poslink ini, Kelurahan Senen juga melibatkan komunitas Komunitas Ojek Online Online Senen Bersatu (OSB).

Bentuk sinergitas ojol OSB yang mendapatkan dukungan penuh dari Satgas Penanganan Covid-19 dan GA Covid-19.

“Saya ingin agar program Poslink di wilayahnya dapat segera direalisasikan untuk mengangkat perekonomian warga di masa pandemi ini,” tambahnya.

Sauri mengatakan, dengan melibatkan warga untuk aktif dalam menjalankan program Poslink tersebut, berarti membantu semua masyarakat di wilayah Senen untuk mendongkrak perekonomian warga yang saat ini sedang terpuruk.

“Jujur saja pak, kami (kelurahan senen) sudah tidak mempunyai anggaran lagi. Saya sangat terima kasih sekali dengan adanya bantuan yang dapat kami wujudkan bersama agar dapat membuka perputaran roda perekonomian rakyat di wilayah saya.” tambahnya

Muhammad Noor (Ketua GA Covid-19) DKI Jakarta yang hadir pada saat itu berjanji bahwa program yang diinisiasinya tentu akan memberikan nilai positif bagi warga dalam jangka waktu panjang.

“Untuk wilayah Jakarta Pusat sendiri yang memiliki 8 Kecamatan, akan kami jadikan Kelurahan Senen sebagai barometer keberhasilan dalam menjalankan program Poslink. Segala kegiatan yang kami sampaikan bukan hanya memberikan teori semata, tapi dana yang diperlukan dari tiap Poslink akan kami turunkan berupa non material untuk bersama memajukan program tersebut.” ucapnya

Ipit (relawan OSB) yang tergabung dalam Satgas Covid-19 mengaku senang menjadi salah satu relawan yang diberikan kepercayaan untuk membantu dan melakukan pengecekan lapangan ke semua lokasi diwilayah Senen agar program tersebut dapat berjalan dengan baik dan tepat sasaran.

“Ini akan mejadi pengalaman baru buat kita (relawan OSB) bersinergy dengan berbagai elemen masyarakat dan instansi beserta jajarannya demi bangkit dan maju bersama melawan covid-19 dengan cara cara yang masif sebagai bentuk kepedulian bersama atas bencana dunia ini.” tandasnya

 

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Most Popular

To Top