Nasional

Ini Cara Sederhana yang Dilakukan Satgas Cegah Penyebaran Covid-19 di Papua

Penulis: Idham Kurniawan

Ayonews, Jakarta
Tim Kordinator Relawan Satgas Covid-19 tanpa kenal lelah terus melakukan sosialisasi dan edukasi ke berbagai elemen masyarakat tentang upaya pencegahan dan penyebaran virus mematikan asal Wuhan China itu.

Sebagai bagian dari tugas sosial, Wakil Ketua Tim Kordinator Relawan Satgas Covid-19, Decky Abner Matulessy secara simbolis memberikan bantuan berupa baju alat pelindung diri (APD) kepada Ruth Naomi Rumkabu, istri dari Bupati Biak Numfor, Herry Ario Naap pada Jumat (21 / 08/2020).

“Ke ujung dunia pun demi penyebaran virus Covid-19, kami akan lakukan,” ucap Decky.

Menurut Decky, wilayah Papua sudah menjadi zona merah.

“Di sana korban sudah ada. Karena itu, penyebaran virus yang meluas, kami memberikan kepercayaan kepada istri Bupati Biak Numfor, ibu Ruth untuk menjadi bagian dari Satgas Covid-19 dan memimpin di wilayahnya untuk mensosialisasikan dan mengedukasi masyarakat berbagai program Satgas, “terangnya.

Kepada Ruth, Decky menjelaskan tentang program sosialisasi dan edukasi ke masyarakat Pencegahan Covid-19.

“Sederhana saja. 3 M, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak. Kita tidak akan bosan-bosan untuk menyuarakan program sederhana ini, di luar program lainnya. Misalnya, ketahanan ekonomi masyarakat, ketahanan pangan, dan lain sebagainya,” tutur Decky.

Di tengah obrolan santai, Ruth sendiri menceritakan kondisi di wilayah suaminya memimpin sebagai bupati.

“Ada beberapa yang kena. Tapi memang tidak sebanyak di Jakarta. Karena itu sengaja kedatangan kami ke Jakarta ini salah satunya untuk meminta bantuan sosialisasi dan edukasi yang tepat kepada masyarakat agar virus Covid-19 tak menyebar luas,” ujarnya.

Kepada Satgas, Ruth mengaku siap mengerahkan berbagai elemen masyarakat di daerahnya untuk membuat pos lingkungan (poslink) dan relawan.

“Setiap wilayah memang ada pos-pos, sudah terpasang spanduk-spanduk pencegahan Covid-19. Agar lebih maksimal, diperlukan komunikasi yang intens dengan Satgas ini,” tutupnya.

 

 

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Most Popular

To Top