Ibukota

Ingat, Langgar Operasi Ok Prend, Disanksi Nyapu & Bayar Denda 250 Ribu

Ayonews, Jakarta

Stop…stop…teriak salah satu petugas gabungan di sela – sela Operasi Kepatuhan Peraturan Daerah (Ok Prend) saat memberhentikan pengendara roda dua di kawasan, Jalan MH. Thamrin, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (29/7/2020).

Pengendara roda dua yang tidak mematuhi protokol kesehatan Covid 19 ini berhenti dan dinasehati petugas.

“Maskernya kenapa tidak dipakai mas? Itu ada masker nya malah dikantongin,” tanya petugas.

“Lupa di pakai pak, saya kira jatuh maskernya,” ucap salah satu pengendara.

Meski begitu, petugas tetap menindak tegas para pelanggar yang terjaring walaupun dengan berbagai alasan yang diungkapkan para pelanggar.

Alhasil, sebanyak 87 pelanggar Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) masa transisi yang tidak memakai masker diamankan petugas gabungan Ok Prend di tiga titik lokasi. Dari tiga titik lokasi tersebut meliputi kawasan Jalan MH. Thamrin, Tugu Tani dan Jalan Proklamasi.

Pelaksana Tugas (PLT) Kasatpol PP Kecamatan Menteng, Hendra menerangkan, 87 pelanggar yang terjaring tidak mematuhi protokol kesehatan Covid 19 ini alasannya antara lain lupa membawa, maskernya terjatuh dan ada juga yang masker nya di kantongin dalam saku.

“Alasannya selalu mengada-ada. Padahal, penggunaan masker sudah menjadi kewajiban sesuai aturan dari pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran Covid 19,” jelas Hendra.

Dari 87 pelanggar, kata Hendra meliputi pelajar, pengemudi ojek online, warga masyarakat dan karyawan, karyawati.

“Mengingat banyaknya pelanggar yang terjaring sanksi hukumannya kepada 84 pelanggar kerja sosial menyapu selama 15 hingga 20 menit. Sedangkan 3 pelanggar dikenakan sanksi membayar denda administrasi masing-masing sebesar Rp. 250 ribu yang dibayarkan melalui Bank DKI,” katanya.

Ada 27 petugas gabungan terdiri dari Satpol PP, Polri dan Dinas Perhubungan yang diterjunkan untuk membantu kegiatan Ok Prend di tiga titik lokasi ini.

 

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Most Popular

To Top