Ibukota

Tak Pakai Masker Alesan Rumah Dekat, 9 Pelanggar Pasar Gardu Asem Terjaring Operasi Ok Prend

Penulis: Irvan S. 

Ayonews, Jakarta 

Sebanyak 9 warga Kemayoran ditangkap petugas gabungan saat menggelar Operasi Kepatuhan Peraturan Daerah (OK Prend) di area kawasan Pasar Gardu Asem, Jalan Kemayoran Barat, Kemayoran, Jumat (24/7/2020).

Kesembilan pelanggar ini langsung digiring petugas untuk didata yang selanjutnya dikenakan sanksi kerja sosial. Meski pun ada sejumlah pelanggar yang ngedumel, namun petugas tidak menghiraukan pelanggar yang membandel tersebut. “Rumah saya deket sini pak, makanya gak pakai masker. Lagian kalau pakai masker jadi nyesek,” ujar salah satu pelanggar.

Kasatpol PP Kelurahan Kemayoran, Yusran mengaku, k sembilan pelanggar yang terjaring Ok Prend merupakan warga Kemayoran yang membandel dan lalai tidak menggunakan masker di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi.

“Alasannya klasik dan selalu mengada-ngada saja. Padahal pemerintah sudah membagikan masker di setiap RT, untuk warga namun kesadarannya kurang disiplin,” ucap Yusran.

Menurutnya, lupa dan ketinggalan pakai masker juga selalu menjadi alasan atau karena rumah deket dengan pasar dan jika pakai masker nyesek lah.

“Padahal penggunaan masker untuk menangkal volusi udara dari virus maupun bakteri serta anjuran dari pemerintah untuk memutus mata rantai penularan Covid 19,” ucap Yusran sambil teriak-teriak dengan pengeras suara alat toa di area Pasar Gardu Asem didampingi 14 petugas gabungan terdiri dari Aparat Sipil Negara (ASN), Satpol PP, TNI, Polri dan sekuriti pasar.

Sementara itu, dari kesembilan pelanggar ini seluruhnya dikenakan sanksi kerja sosial membersihkan sampah di area pasar selama 15 menit.

 

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Most Popular

To Top