Ibukota

Pembangunan Rumah Tak Sesuai IMB di Kampung Rawa Menjamur, Petugas CKTRP Buta Aturan

Penulis: Irvan S.

Ayonews, Jakarta

Banyak berdirinya bangunan bermasalah di wilayah Kecamatan Johar Baru semakin menjadi-jadi. Hal ini membuktikan bahwa, kinerja petugas Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan (CKTRP) Kecamatan Johar buta aturan.

 

“Atau bisa saja mereka malas dalam mengawasi pembanguan tidak sesuai Izin Mendirikan Bangunan (IMB),” ujar Suryadin warga Kecamatan Johar Baru, Kamis sore (16/7/2020).

 

Pantauan di lapangan, pembangunan rumah minimalis di Jalan Rawa Selatan VII, Kampung Rawa, Johar Baru, Jakarta Pusat ini secara kasat mata tidak sesuai dengan IMB.

 

“Pembangunan itu memang dibangun untuk beberapa unit rumah minimalis, seperti cluster begitu. Kalau di sini, Kampung Rawa sudah banyak rumah cluster seperti itu,” tambah Suryadin.

 

Saat dipantau di lokasi pembangunan tampak depan pada bangunan ini ditutupi dengan seng dengan menempel satu bener IMB berwarna kuning. Namun, terlihat di dalam tampak depan menjadi dua unit rumah.

 

Kepala Sektor CKTRP Kecamatan Johar Baru, Yosef ketika dikonfirmasi tindakan terhadap pembangunan yang tidak sesuai IMB di wilayah kerjanya melalui via telepon seluler tidak menjawab.

 

Sedangkan, Camat Johar Baru, Nurhelmy Savitri saat dihubungi tentang maraknya pembangunan tersebut akan segera dikonfirmasikan ke petugas CKTRP dan Kepala PTSP.

 

“Soal bangunan itu, nanti saya konfirmasi dengan petugas CKTRP dan PTSP,” ujarnya.

 

Kepala PTSP Kecamatan Johar Baru, Karsa saat dihubungi mengaku, soal pembangunan tersebut akan di cek ke tim teknis. Untuk tugas yang ninjau bangunan adalah petugas CKTRP. Sedangkan, pihaknya hanya memproses permohonan IMB.

 

“Setalah kami lihat di database untuk lokasi pembangunan itu baru satu IMB,” singkatnya melalui via telepon seluler.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Most Popular

To Top