Ibukota

Puluhan Unit Rumah Tinggal di Pasar Minggu Dibangun Dengan Izin Rumah Kos, Otaknya Mantan ASN

Penulis: Anggiat Sitanggang

Ayonews Jakarta
Pelanggaran pendirian bangunan tidak sesuai IMB di Kecamatan Pasar Minggu kembali mencuat.

Hasil penelusuran Ayonews, diperkirakan sekitar 40 unit lebih rumah tinggal 2 lantai di Jalan Jati Padang RT 008/006, Kelurahan Kebagusan, Kecamatan Pasar Minggu diduga dibangun tidak sesuai Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Pasalnya, sesuai data yang tertera dalam papan proyek, izin bangunan tersebut adalah rumah kos, tanpa mencantumkan ketinggian bangunan.

Muhammad Kartolo, warga sekitar proyek tersebut yang diwawancarai Ayonews merasa heran dengan pelaksanaan bangunan tersebut.

“Di papan proyeknya tercantum izin rumah kos, tapi yang dibangun seperti perumahan gitu,” ujarnya polos.

Dirinya merasa ada yang ganjil dalam pelaksanaan proyek tersebut.

“Masa DKI tidak paham mana rumah kos, mana rumah tinggal,” tuturnya.

Sementara itu, salah seorang sumber terpercaya di lingkungan Kecamatan Pasar Minggu mengungkapkan adanya dugaan kongkalikong dalam perizinan bangunan tersebut.

“Coba telusuri pengurusan perizinan bangunan itu mas. Yang saya tau, ada mantan ASN yang bermain di sana,” sebutnya tanpa merinci siapa mantan ASN tersebut.

Ketua Umum Gerakan Cinta Entitas Indonesia (Graceindo), Sudirman S yang dimintai komentarnya terkait dugaan pelanggaran perizinan bangunan tersebut mengatakan, bahwa maraknya bangunan melanggar di Jakarta Selatan karena faktor bisnis.

“Bangunan melanggar di Jaksel kian marak faktornya karena bisnis,” ujarnya.

Dikatakannya, pelanggaran bangunan sekarang ini sudah menjadi ladang uang.

“Sederhananya begini. Sebelum berdiri bangunan, IMB sudah harus ada. Dalam banner IMB tercantum peruntukan bangunan. Tapi kenapa puluhan rumah tinggal dengan izin rumah kost hanya dijadikan tontonan?” sebutnya.

Sementara itu, Kasudin Citata Kota Administrasi Jakarta Selatan yang dikonfirmasi terkait ieberadaan bangunan tersebut tidak mau menjawab.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Most Popular

To Top