Ibukota

Parah, Sejak Anies Baswedan Jadi Gubernur DKI  Stasiun Senen Awut Awutan, Halte Rusak, PKL Makin Liar

Penulis: Irvan S

Ayonews, Jakarta
Sejumlah Fasilitas Umum (Fasum) di kawasan Stasiun Senen, Jakarta Pusat awut-awutan karena banyak pedagang kaki lima (PKL) nakal meletakan lapak dagangannya seenak udelnya di Fasum.

Mirisnya lagi, keberadaan PKL nakal yang bertengger di Fasum berupa halte, pedestarian dan bahu jalan di kawasan jalan tersebut dibiarkan aparat Pemerintah setempat sejak Anies Baswedan menjadi Gubernur DKI Jakarta.

Meskipun pejalan kaki yang melintas di kawasan ini pada ngedumel dengan keberadaan PKL liar tersebut. Sepertinya Pemerintah setempat tidak berani dan nggak punya nyali melakukan penertiban PKL nakal itu.

“Enak bener halte, trotoar dan bahu jalan di kawasan ini jadi lapak para PKL nakal. Ironisnya, lagi PKL ini malah dibiarkan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Pemerintah setempat pada loyo karena Tunjangan Kinerja Daerah (TKD) dipotong 50 persen. Coba lihat itu PKL nakal makin banyak dan bikin lingkungan awut-awutan dan berantakan,” keluh Djoko (58) warga Kecamatan Senen, Rabu sore (8/7/2020).

Lurah Senen, Sauri saat dikonfirmasi keberadaan lingkungan yang awut-awutan dan berantakan tersebut mengaku pihaknya akan koordinasikan segera dengan instansi terkait.

“Siap kami akan koordinasikan dengan instansi terkait,” singkatnya melalui via telepon seluler.

Pantauan di lapangan keberadaan halte di kawasan Jalan Stasiun Senen yang berubah fungsi menjadi lapak pedagang juga keberadaannya rusak dan tidak diperhatikan instansi terkait.

Publik menilai jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat tidak mendukung program Kegiatan Starategis Daerah (KSD) Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan tentang Keputusan Gubernur (Kepgub) nomor: 1107 tahun 2019. Keputusan ini merupakan penyempurnaan dari Kepgub nomor: 1042 tahun 2018 tentang Daftar KSD. Ada 13 kegiatan strategis baru, dua diantaranya yakni Penguatan Peran Walikota/ Bupati dalam penataan kawasan serta Peningkatan Kualitas Fasilitas Pedestrian.

Sementara itu, Kasatpol PP Provinsi DKI Jakarta, Arifin ketika dikonfirmasi melalui via telepon tentang keberadaan kawasan Jalan Stasiun Senen yang berantakan dan awut-awutan dikuasi PKL nakal, memilih diam.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Most Popular

To Top