Ibukota

Walikota Diam Saja, Satpol PP Tepok Jidat, Rentan Kena Covid-19, PKL Liar di Pasar Karang Anyar Tumpah Ruah  

Penulis: Irvan S.

Ayonews, Jakarta

Pedagang Kaki Lima (PKL) liar di sekitar Pasar Karang Anyar, Sawah Besar, Jakarta Pusat kembali tumpah ke bahu-bahu jalanan. Tak tanggung-tanggung para PKL ini menggelar lapak tanpa mengenal waktu alias nonstop berjualan.

Tak pelak, keberadaan PKL liar yang berjumlah ratusan ini seenaknya menggelar lapak dagangan mereka di sisi kanan dan kiri jalan hingga mengundang kerumunan pengunjung yang rentan dengan penularan Covid-19.

“Waduh setiap hari lewat jalan ini ketutup lapak pedagang dan parkir liar. Jadi susah lewat jalan ini,” keluh Rusli (49) warga Kecamatan Sawah Besar, Kamis (18/0672020).

Saat dikonfirmasi, salah satu petugas Satpol PP Kelurahan Karang Anyar mengaku sudah seringkali menggebah dan sampai bosen mengimbau para PKL tersebut.

“Sudah seringkali digebah, tapi tetap saja pedagang ini berjualan lagi. Capek saya,” ujarnya sambil tepok jidat.

Tokoh masyarakat Jakarta Pusat Budiman menerangkan, banyaknya bahu jalan dan pedestrian sebagai Fasilitas Umum (Fasum) berubah fungsi menjadi lapak-lapak pedagang dan parkir liar.

Menurutnya, keadaan carut marut seperti ini menyebabkan ketidaknyamanan bagi pejalan kaki karena Fasum di sulap fungsinya jadi tempat parkir dan pedagang.

“Warga masyarakat berharap di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi ini, Pemerintah Provovinsi DKI Jakarta harus sering-sering turun ke lapangan untuk memonitor dan melakukan pengawasan di tempat-tempat publik,” tandasnya.

Dia menambahkan, karena masa ini merupakan masa kembalinya beraktifitas setelah tiga bulan lebih terhenti.

“Jadi Pemprov DKI Jakarta juga harus lebih aktif. Nah ini adalah tugas dan peran Walikota dalam mengatur penataan wilayah. Namun kalau Walikotanya diam saja ya jadinya pasti wilayah akan berantakan,” tandasnya.

Pantauan di lapangan, keberadaan para PKL liar di kawasan Pasar Karang Anyar ini menggelar lapak dagangannya di bahu jalan, lantaran lokasi Pasar Karang Anyar milik Perumda Pasar Jaya tidak layak. Apalagi untuk menampung PKL liar yang jumlahnya ratusan ini yang kegiatan penertibannya merupakan kewenangan tingkat kota Jakarta Pusat.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Most Popular

To Top