Ibukota

Bertahun-tahun Bikin Kumuh, Akhirnya 15 Lapak & 4 Gerobak di Pasar Gardu Asem Diangkutin Satpol PP

Penulis: Irvan S.

Ayonews, Jakarta
Belasan lapak Pedagang Kaki Lima (PKL) dan empat gerobak pedagang yang bertengger di atas saluran air pagar pembatas Pasar Gardu Asem atau pasar Jamblang, Jalan Kemayoran Barat hingga Jalan Kemayoran Ketapang diangkutin puluhan petugas gabungan Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (17/06/2020).

Keberadaan para PKL di kawasan tersebut membuat lingkungan berantakan dan awut-awutan. Kondisi ini dibiarkan hingga bertahun-tahun lantaran imbas dari kondisi pasar tradisional milik Perumda Pasar Jaya sudah tidak layak lagi dan harus segera direvitalisasi.

Dari hasil operasi penertiban yang dimulai pada pukul 09. 00 WIB di kawasan Pasar Gardu Asem sebanyak 15 lapak di bongkar dan 4 gerobak pedagang di angkut Kendaraan Dinas Operasional (KDO) Satpol PP. Selain itu, petugas Perhubungan juga menindak 5 kendaraan bermotor yang terparkir dalam Operasi Cabut Pentil (OCP)

Wakil Camat Kemayoran, Nur Alamsyah menerangkan, penertiban sebagai langkah penataan di sekitar pasar Gardu asam mulai dari Jalan Kemayoran Barat hingga Jalan Kemayoran Ketapang.

“Tidak ada perlawanan. Penertiban berlangsung kondusif mengerahkan 40 petugas gabungan. Kami mendorong agar Perumda Pasar Jaya segera merevitalisasi keberadaan Pasar Tradisional yang tidak layak ini,” ungkap Nur usai memimpin penertiban.

Kasatpol PP Kelurahan Kemayoran, Yusran menambahkan, seluruh lapak dan gerobak pedagang yang ditertibkan langsung dikirim ke Gudang Satpol PP di wilayah Cakung, Jakarta Timur.

Dalam penertiban kali ini, kata Yusran ada sebanyak 40 petugas gabungan yang dikerahkan terdiri dari Satpol PP, Perhubungan, TNI, Polri, petugas Penanganan Prasarana dan Sarana (PPSU) dan FKDM.

“Untuk mengantisipasi pedagang kembali lagi menggelar lapak, kami siagakan petugas Satpol PP di Posko Check Point dan melibatkan pengurus wilayah,” paparnya.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Most Popular

To Top