Ibukota

Benarkah Membangun Rumah Kos 6 Lantai Menyalahi Aturan?

Penulis: Dedy Budiman

Ayonews Jakarta
Kegiatan mendirikan bangunan di wilayah DKI Jakarta tampaknya sudah lumrah bila banyak yang melanggar izin atau aturan. Mulai dari membangun tidak memiliki izin mendirikan bangunan (IMB) atau membangun tidak sesuai IMB.

Padahal jelas-jelas membangun di wilayah DKI Jakarta ada regulasinya, yakni UU No. 28 Tahun 2002 tentang bangunan gedung maupun Perda Provinsi DKI Jakarta No. 7 tahun 2010 tentang bangunan gedung.

Pembangunan rumah kos 6 lantai di Jl. Palmerah Utara No.17 RT 01 RW 01 Kelurahan Gelora, KecamatanTanah Abang Jakarta Pusat, salah satunya yang diduga melanggar aturan.Pasalnya, membangun rumah kos seharusnya tidak melebihi 3 lantai.

“Jelas melanggar kalau membangun rumah kos itu 6 lantai. Yang saya tahu, pembangunan rumah kos tidak boleh melebihi 3 lantai,” ujar sumber yang juga ASN di salah satu Sektor Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan di salah satu Kecamatan di Jakarta.

Selain itu, pemasangan lift rumah kos itu diduga tidak memiliki izin.

“Sedang diurus pak izin liftnya. Silakan tanya ke Pemda DKI masalah izin liftnya,” kata Iman staf kontraktor yang mengerjakan rumah kos tersebut melalui sambungan telpon.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Most Popular

To Top