Ibukota

Sampah Dibiarin Menumpuk, Saluran PHB Kalibaru Poncol Bungur Mampet

Penulis:Irvan S.
Ayonews, Jakarta
Sampah di saluran air Penghubung (PHB) Kalibaru Poncol, Bungur, Senen, Jakarta Pusat mulai menumpuk.

Saluran air ini memicu penyumbatan. Alhasil, aliran air terlihat jorok dan kotor, lantaran sampah berserakan di atas saluran yang diapit antara Jalan Kalibaru Barat Raya dan Kalibaru Timur Raya.

Sejak mewabahnya pandemi Covid 19, sampah yang berserakan di saluran air berupa batang pohon, ranting dan daun maupun botol plastik, hingga mengakibatkan saluran terjadi pendangkalan.

“Sebenarnya, kalau pihak Kelurahan Bungur peduli dengan kebersihan cukup mengerahkan petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) Kelurahan Bungur pasti selesai. Hanya saja mau atau tidak mereka membersihkan,” keluh Djoko warga Kecamatan Senen, Minggu (07/06/2020).

Ia berharap pembersihan sampah dan lumpur di saluran air tersebut dapat segera dibersihkan sebelum bertambah banyak.

“Kalau tidak segera dibersihkan sampahnya bakal terjadi penyumbatan. Kalau turun hujan deras dikhawatirkan terjadi genangan air di pemukiman warga,” tandasnya.

Hal senada juga dilontarkan, warga lainnya, sampah yang berada di saluran air itu harus cepat dibersihkan.

“Harusnya sampah yang berserakan di saluran itu segera dibersihkan, mengingat saat ini cuaca nya ekstrem,” paparnya.

Di tempat terpisah, PLH. Lurah Bungur Wildan saat dikonfirmasi keberadaan sampah di saluran air tersebut melalui via telepon belum bisa dihubungi.

Kepala Satuan Pelaksana (Kasatpel) LH Kecamatan Senen, Ferry mengatakan, kewenangan pembersihan sampah di saluran tersebut merupakan tupoksi UPK Badan Air dibawah Dinas Dinas LH DKI.

“Segera di Follow Up ke Dinas LH,” ujarnya.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Most Popular

To Top