Ibukota

Sejak jadi Pangkalan Mobet, Kawasan Jalan Kalibaru Barat Kebon Kosong Makin Kumuh

Penulis: Irvan S.

Ayonews, Jakarta
Kawasan Jalan Kalibaru Barat, Kebon Kosong, Kemayoran, Jakarta Pusat kian hari semakin tidak karuan alias awut-awutan.

Selain jalanan menyempit akibat banyaknya lapak kendaraan roda empat maupun lapak Pedagang Kaki Lima (PKL) yang menaruh di bahu jalan maupun di trotoar yang saat ini keberadaan Fasilitas Umum (Fasum) rusak dan berantakan.

“Masa banyak lapak parkir kendaraan dan lapak PKL liar dibiarin pemerintah setempat. Coba lihat trotoar juga jadi berantakan begitu,” keluh Tommy (52) warga Kebon Kosong, Sabtu (06/06/2020).

Tokoh masyarakat, Budiman membenarkan, bahwa kawasan Jalan Kalibaru Barat semakin hari semakin panjang parkir liar sudah seperti terminal pangkalan mobet atau kendaraan modifikasi.

“Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat jangan diam saja. Kawasan jalan ini sudah seperti terminal parkir liar malah dibiarin,” tegas Budiman.

Ia berharap, penindakan tegas harus ditegakkan dalam rangka penegakan Peraturan Daerah (Perda) Ketertiban Umum (Tibum).

“Warga menginginkan kawasan Jalan Kalibaru Barat tidak ada lagi pangkalan parkir liar maupun lapak PKL. Karena lingkungan menjadi kumuh dan kotor. Kami minta tindakan tegas harus dilaksanakan aparat pemerintah setempat. Angkutin saja mobet-mpbet itu supaya jera,” tandasnya.

Di tempat terpisah, Camat Kemayoran, Asep Mulyaman ketika dikonfirmasi terkait hal tersebut tentang upaya langkah penataan melalui via telpon tidak dapat dihubungi.

Pantauan di lapangan, keberadaan Jalan Kalibaru Barat, Kebon Kosong, Kemayoran yang berantakan ini harus dilakukan penataan. Di antaranya mulai dari penertiban lapak PKL parkir liar dan trotoar berantakan diperbaiki serta penopingan pohon yang rimbun.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Most Popular

To Top