Nasional

Masuki Era New Normal Agar Imun Tubuh Kuat, Menkes & IAC19 Imbau Warga Perbaiki Asupan Gizinya Setiap Hari

Penulis: Idham K

Ayonews, Jakarta
Dari sejak bulan Maret sampai dengan sekarang, jumlah pasien Covid-19 terus bertambah dan sudah mencapai 25.216 orang. PSBB, physical distancing, di rumah saja, tidak dapat menghambat penyebaran virus Covid-19, bahkan membuat banyak sektor jadi terdampak, khususnya perekonomian.

Untuk mengembalikan roda perekonomian di Indonesia, pemerintah mulai menerapkan kehidupan New Normal.

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengeluarkan Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/328/2020 tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 di tempat kerja seperti perkantoran dan industri dalam mendukung kelangsungan bisnis selama pandemi masih berlangsung.

Masyarakat diimbau untuk memperbaiki asupan gizi setiap hari.

Menurut Terawan, masyarakat harus memperbanyak mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C seperti jeruk, jambu dan sebagainya.

“Jika memungkinkan mengkonsumsi suplemen vitamin C untuk mempertahankan daya tahan tubuh. Hal ini guna menjaga imunitas tubuh agar terhindari dari virus Covid-19,” ujarnya, Sabtu (30/5/2020).

Ketua Indonesia Against Covid-19 (IAC-19), Agnes Lourda mengatakan,saat ini banyak masyarakat yang mengeluh akan pendapatan keluarga yang berkurang, sehingga akan sulit memenuhi kebutuhan gizi yang seimbang.

Sedangkan untuk masyarakat menengah ke bawah, walaupun selama ini menerima bantuan paket sembako dari para donator, namun jelas bahwa bantuan tersebut bukan nutrisi yang sehat.

“Teman-teman kita ini, tetap akan menjadi kelompok yang riskan terpapar virus Covid-19 di New Normal”, jelas Lourda.

Untungnya beberapa waktu yang lalu, IAC-19 sudah mengajak masyarakat dan beberapa RT/RW di DKI Jakarta untuk melakukan program urban tarming yaitu bercocok tanam di lingkungan perkotaan dengan membudidayakan ikan dan sayur mayur yang kaya akan protein dan serat yang sangat dibutuhkan masyarakat kota untuk hidup sehat.

“Minggu depan, kita akan panen hasil,” Lourda menambahkan.

Lourda menjelaskan, jika pemerintah akan menerapkan New Normal, maka yang paling penting saat ini adalah bagaimana masyarakat saling bergotong-royong untuk membantu saudara-saudara kita dalam memenuhi kecukupan gizi sehari-hari khususnya kecukupan akan Vitamin C.

“Setidaknya Vitamin C bisa menjadi benteng tubuh bagi saudara kita yang kurang mampu, dalam beraktivitas seharian,” ujarnya.

Ditambahkan, saat ini bangsa kita sedang mengalami ujian berat. Karena itu penting bagi seluruh masyarakat bekerjasama, bergotong royong untuk memberikan bantuan kepada masyarakat yang memang kecukupan nutrisinya masih sangat jauh dari standard.

” IAC-19 akan terus menerus mengedepankan semangat kerjasama untuk membantu masyarakat melalui situasi sulit ini, ujarnya.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Most Popular

To Top