Ibukota

Puluhan Pelanggar PSBB di Kemayoran Kena Sanksi Nyapu Fasum, Yang Malu Terpaksa Bayar Denda 100 Ribu

Ayonews, Jakarta

Sebanyak 23 pelanggar Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tahap ketiga di kawasan Jalan Sumur Batu Raya gigit jari saat petugas gabungan menggelar operasi Cheak Point di Posko PSBB, Jalan Sumur Batu Raya, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat sore (29/5/2020).

“Iya pak, saya salah tidak pakai masker. Tapi saya malu kalau di suruh Nyapu begini,” ucap salah satu seorang wanita pelanggar tidak pakai masker saat berboncengan sepeda motor.

Meski begitu, petugas tetap menindak, puluhan pelanggar ini, lantaran tidak mematuhi aturan memakai masker saat berada di luar rumah. Tindak tegas dilakukan petugas Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kecamatan Kecamatan Kemayoran.

Sekretaris Kelurahan (Sekel) Sumur Batu, Suprayitno (Opung) menerangkan, puluhan pelanggar dikenakan sanksi sosial seperti membersihkan Fasilitas Umum (Fasum). Sedangkan yang disidang di tempat ada dua orang. Kemudian keduanya dikenakan sanksi administrasi membayar denda bervariasi dari Rp. 100 ribu.

“Ada juga pedagang yang melanggar langsung ditegur kemudian diingatkan petugas agar tidak mengulangi. Apabila tidak menuruti sesuai arahan akan di BAP dan penyitaan identitas. Kegiatan Check Point dipimpin Kasatpol PP Kecamatan Kemayoran mengerahkan 32 personil gabungan,,” jelas Suprayitno di lokasi Check Point didampingi Babinsa Peltu Mustajab dan FKDM.

Sementara, Kasatpol PP Jakarta Pusat, Bernard Tambunan menyatakan, dari 23 pelanggar terdiri dari pengguna jalan yang melintas kegiatan Check Point PSBB, Jalan Sumur Batu Raya di mulai pukul 16.00 Wib sore hingga pukul 20.00 WIB.

“Totalnya ada 23 pelanggar pengendara motor yang tidak memakai masker. Mereka dikenakan sanksi kerja sosial. Sedangkan, dua pelanggar serupa dikenakan sanksi administrasi sebesar Rp. 100 ribu. Pembayarannya langsung ditransfer melalui rekening Bank DKI Jakarta,” singkat Bernard.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Most Popular

To Top