Ibukota

Usai Lebaran, Tumpukan Sampah Berserakan di Trotoar Tenabang Tebar Bau Tak Sedap  

Penulis: Irvan S.

Ayonews, Jakarta

Aroma tak sedap merebak di kawasan Central Jakarta City, Karet Tengsin, persisnya terletak di samping Underpass Tanah Abang, Jakarta Pusat. Kondisi ini dikeluhkan warga dan pengguna jalan lantaran sampah rumah tangga (Rumtang) itu berserakan di pedestrian hingga menebar bau tak sedap.

“Haduh, pantesan bau sekali di jalan ini karena tumpukan sampah itu berserakan di trotoar. Harusnya dapat dibersihkan. Apalagi kawasan ini merupakan jalan protokol yang berdekatan dengan TPU Karet Bivak,” keluh Firman (45) sambil menutup hidungnya, Senin (25/05/2020).

Sementara, pengawas Lingkungan Hidup (LH) Sudin LH Jakarta Pusat, Doel menerangkan, sampah yang berserakan di kawasan itu merupakan sampah Rumtang paska lebaran Idul Fitri 1441 Hijriyah.

Menurut Doel, tumpukan sampah yang dikeluhkan pengguna jalan tersebut segera dibersihkan.

“Sudah kami TL (tindak lanjuti) tumpukan sampah itu sekitar pukul 14.15 WIB dan selesai pada pukul 14.45 WIB,” ungkap Doel saat dikonfirmasi.

Untuk menyapu bersih tumpukan sampah yang berserakan itu, tambah Doel, ada enam petugas Penyedia Jasa Layanan Perorangan (PJLP) Sudin LH Jakpus yang diterjunkan dengan mengerahkan satu truk Compactor Kendaraan Dinas Oprasional (KDO).

“Tumpukan sampah Rumtang tersebut volume sampahnya 14 m3. Kemudian langsung diangkut satu truk Compactor untuk di buang ke Bantar Gebang, Bekasi, Jawa Barat,” katanya.

Doel menjelaskan, volume sampah lebaran tahun ini terbilang turun. Selain karena penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tahap ke tiga saat pandemi Covid 19, tidak ada takbiran keliling dan tidak kerumunan massa pada Malam takbir.

Sebanyak 200 petugas Penyedia Jasa Layanan Perorangan (PJLP) Sudin LH dikerahkan untuk menyapu bersih sampah-sampah tersebut.

“Sampah perayaan malam takbiran kemarin ada sekitar 16 m3 atau 6 ton,” katanya.

Selain 200 PJLP, tambah Doel 22 armada truk juga diterjunkan untuk mengangkut sampah itu terdiri dari PU Panther, truk type kecil, Road Sweeper dan Compactor. Petugas mulai bergerak pada pukul 22.00 Wib malam hingga jam selesai pukul 03.00 WIB.

Saat proses pengangkutan sampah, Wali Kota Jakarta Pusat, H. Bayu Meghantara sempat monitoring mengendarai sepeda motor Vespa kesayangannya disamping Camat Menteng Edy Suryaman.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Most Popular

To Top