Ibukota

Jaman Ahok Kali Item Terpelihara Keindahan & Estetikanya, Jaman Anies, Astagfirulloh… Ancur-ancuran Bro….

Penulis: Irvan S.

Ayonews, Jakarta

Puluhan gerobak sampah rombeng dan butut berderet di sepanjang bantaran Sungai Kali Item, Kemayoran, Jakarta Pusat. Tak hanya itu, Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) yang membentang Sungai Kali Item jadi tempat manaruh peralatan pedagang.

Tak pelak, keberadaan gerobak yang teronggok di Fasilitas Umum (Fasum) ini   merusak pemandangan tidak elok dipandang mata serta mengundang masyarakat membuang sampah sembarangan.

Tokoh masyarakat Budi mengatakan, keberadaan bantaran Sungai Kali Item kotor dan kumuh ini, lantaran pemerintah setempat bertahun-tahun melakukan pembiaran.

“Coba saja di lihat, estetika keindahan dan kebersihan Sungai Kali Item yang diapit dua wilayah antara Sunter Jaya Tanjung Priok Jakarta Utara dan Serdang, Kemayoran Jakarta Pusat tidak lagi bersih, nyaman dan enak dipandang mata. Jaman Anies ini, Masya Allah, ancur Bro,” jelasnya, Rabu (27/05/2020).

Menurutnya, keberadaannya sangat kumuh dan kotor karena banyak gerobak sampah rombeng dan butut. Padahal setiap tahun nya pihak kelurahan mendistribusikan gerobak-gerobak sampah baru di setiap RW.

Selain itu, kawasan bantaran Sungai ini juga menjamur lapak-lapak pedagang dan lapak ungags burung dara hingga menjamur tanpa disentuh pemerintah setempat.

Seharusnya Dinas Lingkungan Hidup (LH) Provinsi DKI Jakarta, tambah Budi tidak tutup mata dan telinga dengan keberadaan gerobak rombeng dan butut ini.

“Keberadaan Sungai Kali Item ini diapit dua wilayah antara Tanjung Priok Jakarta Utara dan Kemayoran Jakarta Pusat. Sepertinya jajaran pemerintahan Anies Baswedan tidak serius menata wilayah berantakan seperti itu bertahun-tahun malah dibiarkan merusak keindahan estetika Sungai Kali Item. Memang lain dulu lain sekarang,. beda di era zaman Gubernur sebelumnya (Ahok,red),” tandasnya.

Saat dikonfirmasi salah satu petugas LH Jakarta Pusat menyatakan, untuk pengadaan gerobak sampah ada di kelurahan dan kecamatan.

“Setiap tahunnya didistribusikan ke masing-masing RW,” singkatnya.

Di tempat terpisah, saat dikonfirmasi melalui via telepon tentang keberadaan bantaran Sungai Kali Item banyak lapak pedagang Unggas yang mengundang kerumunan masyarakat di sepanjang Jalan Sunter Kemayoran, Sunter Jaya, Tanjung Priok. Wali Kota Jakarta Utara, Sigit Wijatmoko melalui pesan singkat WhtasApp (WA) menyatakan, akan segera mengecek dan ditindaklanjuti.

“Kami cek dan tindak lanjut,” singkatnya.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Most Popular

To Top