Ibukota

Bangunan Melanggar Marak, Camat Jagakarsa Gerah, Anak Buah Cuma Ditegor Pakai Surat  

Penulis: Anggiat Sitanggang

Ayonews, Jakarta

Ibarat penyakit, keberadaan bangunan melanggar di Kecamatan Jagakarsa, Kota Administrasi Jakarta Selatan sudah stadium empat dan sangat susah untuk diberantas.

Maraknya bangunan melanggar di kecamatan yang dijadikan sebagai wilayah resapan air di DKI Jakarta tersebut sepertinya membuat Camat Kecamatan Jagakarsa, Alamsah harus berkirim surat kepada bawahannya, Kasektor Citata Jagakarsa, Budiono.

Dalam surat tersebut Camat Jagakarsa mempertanyakan keberadaan bangunan yang diduga melanggar di Jalan Kahfi I, persis di depan Pom Bensin Timbul, yang sempat sebelumnya dikonfirmasi Ayonews.

Katua Umum Investigasi Fakta Hukum (Infakum), Jenry S yang dimintai komentarnya terkait surat camat kepada Kasektor Jagakarsa harus diapresiasi.

“Keberadaan bangunan melanggar ditambah sikap cuek Kasektor Kecamatan Jagakarsa membuat camat sepertinya sudah jengah, sehingga harus bersurat, padahal itu anak buahnya secara institusi pemerintahan,” ujarnya.

Dikatakan Jenry, yang menyebabkan semakin maraknya bangunan melanggar di Jagakarsa akibat ketidakmampuan pengawasan di lapangan dan demi keuntungan perut pribadi.

“Bangunan melanggar di Jagakarsa terjadi akibat dua hal. Pertama ketidakmampuan Kasektor Citata yang ditugasi pengawasan, dan kedua, bangunan melanggar sudah menjadi bisnis yang menjanjikan,” ungkapnya.

Jika dilakukan pengawasan secara benar, jelas Jenry, bangunan melanggar di Kecamatan Jagakarsa tidak akan ada, minimal berkurang.

“Aturan membangun di DKI Jakarta jelas aturannya, harus memiliki IMB dan harus sesuai izin. Pertanyannya adalah, jika tidak ada IMB melanggar tidak? Jika membangun tidak sesuai IMB melanggar tidak?” tanyanya.

Ditambahkannya, ada banyak sekali bangunan melanggar di Kecamatan Jagakarsa yang hanya jadi bahan tontonan pegawai Sektor Citata tanpa ada tindakan apa-apa.

“Hampir setiap sudut wilayah di Kecamatan Jagakarsa ditemukan bangunan melanggar yang semuanya diketahui pegawai Sektor Citata Jagakarsa, tapi tidak ditindak,” terangnya.

Sementara itu, Kasektor Citata Kecamatan Jagakarsa dan jajarannya yang dikonfirmasi terkait keberadaan bangunan-bangunan melanggar tersebut memilih diam.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Most Popular

To Top