Ibukota

Jaman Ahok Kali Sentiong Bersih, Pas Jakarta Dipimpin Anies Baswedan Berubah Hitam, Kotor, Bau & Jadi Lautan Sampah

Ayonews, Jakarta

Sejak Gubernur Anies Baswedan memimpin ibukota, banyak kali tak terawat. Salah satunya ngai Kali Sentiong, Serdang, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Kali Sentiong ini seperti lautan sampah yang terapung hingga menumpuk di pintu air.

“Menjijikan sekali Kali Sentiong, sudah tebar aroma bau busuk akibat banyak sampah. Kalinya berwarna hitam dan kotor seperti lautan sampah saja,” keluh Rudi (40) warga Kecamatan Kemayoran, Sabtu (16/05/2020).

Tokoh masyarakat Kemayoran, Budi mengaku miris melihat kondisi Kali Sentiong dipenuhi sampah.

“Lain dulu lain sekarang. Di era zaman Gubernur Ahok semua keluhan direspon cepat karena petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) dan Lingkungan Hidup (LH) Orange maupun tim biru benar-benar diberdayakan. Tapi sejak kepemimpinanAnies sepertinya tidak diberdayakan secara totalitas. Sehingga membawa dampak lain yaitu pemeliharaan sungai atau kali di Jakarta Pusat kotor, jorok dan bau,” ungkap Budi.

Selain itu, menurut dia, Sungai Kali Sentiong saat ini memang terlihat kurang pemeliharaan dan perawatan. Sehingga estetika kota pemandangan menjadi tidak elok dipandang mata.

“Kali yang diapit dua perlintasan Jalan Bendungan Jago, Serdang dan Kemayoran Gempol (H. Ung) Kebon Kosong ini dipenuhi sampah akibat dari sampah PKL liar yang menggelar lapak di sepanjang kawasan Jalan Kemayoran Gempol (H. Ung) yang berpotensi menjadi tempat pembuangan sampah,” jelasnya.

Tokoh ini mendesak agar Kementerian Lingkungan Hidup sering-sering turun ke lapangan guna mengetahui kondisi sungai di wilayah Jakarta Pusat.

“Harapan warga kemayoran Kementerian LH turun ke lapangan untuk melihat Sungai yang kotor, jorok dan bau tersebut. Kemudian berupaya membersihkan Sungai dan kali seperti yang pernah dilakukan Gubernur sebelumnya,” tandasnya.

Sementara, sejumlah pejabat mulai dari Kasudin Lingkungan Hidup (LH) dan Kasudin Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Pusat saat dikonfirmasi soal sampah di Sungai Kali Sentiong belum merespon.

Kepala Satuan Pelaksana (Kasatpel) SDA Kecamatan Kemayoran, Supriyadi menambahkan, urusan sampah di Kali Sentiong merupakan tugasnya Dinas LH.

“Sampah di Kali Sentiong Pintu Air itu urusannya Dinas LH. Padahal di sana juga ada ada alat berat yang stand by untuk membersihkan sampah dan ada petugasnya,” ujarnya melalui via telepon.

Penulis/Reporter: Irvan S.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Most Popular

To Top