Ibukota

Kumuh, Kotor & Bau di Saluran PHB Kampung Rawa, Lurahnya Ngilang, Pejabat Kecamatannya Lempar-lemparan Tanggungjawab

Ayonews, Jakarta

Saluran air Penghubung (PHB) Kampung Rawa, Kecamatan Johar Baru, Jakarta Pusat terlihat kumuh, kotor dan menyebar bau busuk. Banyak sampah dan lumpur dibiarkan begitu saja.

Tak hanya itu, keberadaan saluran air dengan lebar 2 meter lebih ini juga pada bagian atasnya banyak tertutup jembatan yang terbuat dari kayu dan papan untuk menaruh barang seperti perabotan keranjang dan alat perlengkapan rumah tangga. Bahkan, sejumlah kendaraan motor pun teronggok di atas saluran PHB ini.

Lurah Kampung Rawa, Fery Zahrudin ketika ditanya soal sampah di saluran PHB Kampung Rawa itu melalui via telepon belum dapat memberikan keterangan.

Di tempat terpisah, Kepala Satuan Pelaksanaan (Kasatpel) Sumber Daya Air (SDA) Kecamatan Johar Baru, Rudi Prasetya ketika dikonfirmasi mengatakan, keberadaan sampah saluran air di PHB itu merupakan tugas dan tanggung jawab petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU).

“Sampah yang berada dalam saluran air itu sebenarnya merupakan tanggung jawab PPSU Kelurahan Kampung Rawa karena sampah itu merupakan sampah warga,” ungkap Rudi, Selasa (12705/2020).

Sedangkan jembatan yang dibuat warga untuk menaruh perabotan di atas saluran itu, menurut Kasatpel SDA ini adalah tugas Satpol PP yang menertibkan.

“Pengurasan lumpur saluran air di PHB Kampung Rawa tersebut sudah seringkali dibersihkan lumpur maupun sampahnya,” tukasnya. (Irvan S)

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Most Popular

To Top