Gaya Hidup

Galang Donasi Via Medsos, FKDOP Bagikan 300 Nasi Kotak Buat Driver Online

Ayonews, Padang

Sebanyak 300 nasi kotak dibagikan oleh Forum Korlap Komunitas Driver’s Online Padang (FKDOP) kepada driver online jelang waktu berbuka puasa yang melintasi Jalan Khatib Sulaiman, tepatnya di depan Masjid Raya, Padang, Sumatera Barat, Jumat,(8/5/2020).

Kegiatan ini merupakan wujud kepedulian FKDOP demi meringankan beban para pekerja informal ojek online (Ojol) yang merasakan imbas dari Pandemi Virus Korona (COVID-19). Sejak diberlakukannya PSBB di berbagai wilayah, orderan menjadi minim, pendapatan berkurang.

“Dana ini kita dapatkan donasi secara online oleh warga kota Padang khususnya. Donasi yang digalang oleh FKDOP Padang melalui media sosial Facebook, WhatsApps dan Instagram. Alhamdulillah hasilnya bisa untuk dibagikan kepada mereka yang membutuhkan,” sebut Ketua FKDOP Padang, Tulang Cohen.

Ia menambahkan selama tiga minggu menggalang sana, terkumpul uang sekitar Rp. 2.989.334. Lantas, uang inilah yang mereka gunakan untuk biaya pembuatan nasi kota mandiri.

“Selain 300 nasi kotak kita juga dibantu oleh Ahasan Care for Ummah sebanyak 70 kotak nasi lagi,” jelasnya.

Menurut Cohen, target pembagian awalnya kepada semua driver online di kota Padang di masa sulit ini. Baik anggota FKDOP sendiri maupun driver di luar komunitasnya.

“Niat awal kami di FKDOP untuk membeli sembako. Tapi dari donasi yang kami dapatkan tidak mencukupi, lantas berembuk dan mengambil kesepakatan bersama untuk berbagi pabukoan yaitu nasi kotak,” terangnya.

Dari nasi kotak hingga isi sendiri, FKDOP mengerjakan bersama anggota komunitas dan keluarganya.

“Terima kasih banyak kami ucapkan kepada para donatur yang telah mendonasikan sebagaian rezekinya,” ujarnya.

FKDOP sendiri, lanjut Cohen, merupakan wadah bernaungnya sekitar 1000 driver online dari berbagai aplikator dan transportasi online khususnya roda dua di Kota Padang.

Cohen mengklaim, FKDOP juga tanggap bencana dan peduli sosial. Misalnya, beberapa kali melakukan kunjungan ke lokasi bencana untuk mengantarkan bantuan secara langsung ke daerah yang tertimpa bencana.

“Gempa dan Tsunami di lombok, Palu- Donggala dan Banten. Begitu juga banjir bandang di Padang dan longsor di Agam, kami langsung bergerak,’ ungkapnya.

Saat ini, lanjut Cohen, FKDOP telah terdaftar di Kemenkumham. Organisasi ini sebagai tempat untuk menyampaikan segala hak dan aspirasi ke pihak aplikator dan kegiatan sosial berskala nasional.

Ia menambahkan, sebelum melakukan Donasi Online ini, pada awal April 2020 lalu, sebelum PSBB diberlakukan, FKDOP Padang juga sempat melayangkan proposal kepada beberapa instansi di kota Padang Seperti Baznas Walikota Padang, PT. Gojek Indonesia, PT. Grab, PT Semen Padang dan PT. Kunanggo Jantan.

“Alhamdulillah FKDOP Padang mendapatkan bantuan secara langsung dari PT. Gojek Indonesia sebanyak 400 paket sembako. Inilah yang dibagikan kepada driver tergabung di dalam wadah mereka. Ditambah dengan bantuan dari PT PLN UPT Padang sebanyak 125 paket, dan bantuan BRI Kanwil Padang sebanyak 80 paket sembako.

“Semua bantuan yang didapatkan oleh FKDOP ini dipecah menjadi 1.000 paket sembako kemudjan dibagikan kepada semua ojol yang tergabung di dalamnya,” jelasnya.(Jhon Rony F)

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Most Popular

To Top