Ibukota

Nasib RPTRA Jaman Gubernur Anies Baswedan Kusut, Kumuh, Kotor, Lapak Pedagang & Gerobak Sampah Dibiarin 

Ayonews, Jakarta
Keberadaan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA), Jalan Lingkar Sukasari, Harapan Mulia, Kemayoran, Jakarta Pusat kumuh dan kotor. Pasalnya, banyak lapak Pedagang Kaki Lima (PKL) liar menggelar semaunya.

Situasi ini berbeda saat ibukota dipimpin Gubernur Basuki Tjahaja Purnama. Sejak Anies Baswedan menjadi gubernur, RPTRA dibiarkan terbengkalai hingga bertahun-tahun.

Pantauan di lapangan, tidak hanya lapak pedagang yang membuat kumuh dan kusut kawasan RPTRA Harapan Mulia. Gerobak sampah turut pula mewarnai kesemrawutan di luar area pagar pembatas RPTRA Harapan Mulia ini.

“Sejak Gubernurnya Anies, lapak Pedagang di di luar pagar pembatas RPTRA Harapan Mulia. Tapi seperti nya aparat kelurahan dan kecamatan gak berani menertibkan lapak-lapak tersebut. Padahal bikin kumuh, semrawut dan kusut,” keluh Budi, salah satu warga Kecamatan Kemayoran, Selasa (05/05/2020).

Sementara, Lurah Harapan Mulai, M. Faozi ngeles dengan kondjsi itu. Menurutnya, lapak pedagang yang berada di sebelah RPTRA merupakan milik warga setempat.

“Kalau lapak pedagang yang berada di sebelah RPTRA merupakan warga setempat, perlu di komunikasikan, karena saat ini masih wabah Covid 19. Dan sebelum bertugas di Harapan Mulia keberadaan lapak sudah lama ada di sini,” jelasnya melalui via telepon, Selasa (05/05/2020).

Sedangkan, gerobak sampah yang berada di pagar pembatas itu, tambah M. Faozi merupakan gerobak Regu Kebersihan Swadaya Masyarakat (RKSM).

“Saat ini mereka kesulitan menaruh gerobak sampahnya. Tapi sudah diupayakan agar gerobak-gerobak sampah di taruh di masing-masing petugas RKSM,” ujarnya.

Sementara, Wakil Wali Kota Jakarta Pusat, Irwandi menyatakan, informasi tentang keberadaan RPTRA Harapan Mulia Jalan Lingkar Sukasari, Harapan Mulia tersebut akan segera di forward ke Lurah dan Camat untuk ditindaklanjuti.

“Nanti saya forward informasi ini ke Lurah sama Camat nya untuk segera di tindaklanjuti,” ujarnya. (Irvan S.)

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Most Popular

To Top