Ibukota

Aksi Sosial ULB, Sore Bagi Takjil & Masker, Malamnya Bantu Polisi Ngejar Komplotan Begal

Ayonews, Jakarta
Komunitas Unit Lingkar Badai (ULB) Swargantara bersama jajaran Polsek Pademangan dan Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) membagikan takjil dan masker gratis kepada para pengendara yang melintas di Jl Gunung Sahari Raya, persis depan WTC Mangga, Jakarta Utara, Sabtu (2/5/2020) sekitar pukul 17.00 WIB.

Michael (39), pentolan ULB mengatakan, kegiatan pembagian takjil untuk membantu pengguna jalan baik ke pengendara roda dua maupun roda empat yang sedang menjalankan ibadah puasa.

Sementara pembagian masker sebagai bentuk kepedulian terhadap upaya pemerintah mencegah penyebaran vurus Covid- 19.

“ULB tidak bergerak sendiri. Tapi bekerjasama dengan LPAI Jakarta dan Polsek Pademangan agar kegiatan sosial tersebut berjalan lancar,” tambahnya.

Dikatakannya, kegiatan ULB tidak hanya di bidang sosial semata. Tapi juga melakukan observasi atau monitoring wilayah dalam membantu tugas kepolisian dalam menjaga Kamtibmas.

Seperti pada Rabu (29/4/2020) ULB mendapat respon positif dari jajaran Polsek Penjaringan untuk membantu aparat penegak hukum memonitoring wilayah Jakarta Utara, khususnya wilayah Penjaringan.

“Kegiatan monitoring wilayah ini guna membantu pihak kepolisian dalam mencegah terjadinya tindakan kriminalitas yang merugikan masyarakat,” jelasnya.

Giat monitoring ini bukan hanya wilayah yang dianggap rawan tindak kriminalitas, tapi juga seluruh perbatasan di wilayah hukum Jakarta Utara.

Beranggotakan lebih dari 20 personil, tim ULB membagi menjadi 3 unit yang terdiri dari 7 personil setiap unitnya. Biasanya, monitoring mulai dilakukan pada pukul 23.00 hingga pukul 03.00 WIB.

“Alhasil pada saat itu seluruh wilayah penjaringan yang termaksud dalam zona merah atau rawan tindak kriminalitas dinyatakan kondusif. Paling tidak dengan kegiatan ini, memperkecil ruang gerak para pelaku kriminal,” jelasnya.

Sementara itu, Pembina ULB, J’Bon mengatakan, bahwa kegiatan yang dilakukan komunitasnya bukan patroli seperti yang dilakukan aparat Kepolisian atau TNI.

“Karena patroli adalah wewenang dari pihak Polri dan TNI. Kami hanya melakukan pemantauan wilayah saja. Bilamana terjadi tindak kriminalitas, maka kami akan berkordinasi kepada pihak aparat terdekat. Kalau ada begal, ya bareng Pak Polisi ikut ngejar,” jelasnya.(Imran)

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Most Popular

To Top