Gaya Hidup

Musik Jalanan Center Bersama KH Mustofa Bisri, Gusdurian Cs Galang Donasi Via #Ngamen Online Buat Korban Covid-19

Ayonews, Jakarta

MJC (Musik Jalanan Center), sebuah komunitas bermarkas di kawasan Priok Jakarta Utara menginisiasi Gerakan #NgamenOnline bertitel #Covid19MusicCharity menjelang Ramadhan tiba melalui TV9 Nusantara pada Rabu (22 April 2020).

Kegiatan untuk menyantuni anak jalanan dan kaum pinggiran yang terdampak pandemi ini melibatkan beberapa aktivis dan tokoh.

Uniknya, aksi galang dana dilakukan secara #NgamenOnline di momentum bulan suci Ramadhan. Mereka menyebarluaskan videoclip shalawat Thibbil Qulub dan Syair Li Khonsatun yang di musim pandemi #Covid-19 ini viral dan banyak dibaca masyarakat.

Sebagaimana diketahui, MJC (Musik Jalanan Center). didirikan sebagai wadah anak jalanan, orang pinggiran, pengamen di gemerlap ibukota Jakarta. Selain menampung, membantu kehidupan keseharian mereka, juga membimbing ibadah/ngaji keagamaannya.

Dalam #NgamenOnline, mereka sudah meminta restu plus doa kepada para Kiai. Bahkan beberapa di antaranya berkenan inframe dalam video berdurasi 8 menit tersebut, yakni Abuya Muhtadi, KH A Mustofa Bisri, Kiai Dloif Zuhri putra KH Musim Imampuro alias mBah Lim Klaten, Gus Ahmad Muwafiq, Kang Nemi Mu’tashim Billah #Buntet serta KH Dr M Lukman Hakim.

Di kalangan musisi jalanan, selain Iwenk MJC, ada juga Mike #Marjinal. Anto Baret tokoh jaringan Kelompok Penyanyi Jalanan (KPJ), sebuah komunitas yang mengantarkan nama besar Iwan Fals, juga mendukung penuh gerakan ini.

Endorsement datang dari kalangan pondok pesantren, yakni PP Darul Hijroh Buntet Pesantren Cirebon, PP. Roudlotut Tholibin Leteh Rembang, PP. Almuttaqien Pancasila Sakti Klaten (ALPAS), Ma’had Aly Roudlotul Muhibbin Bogor, PP Roudlotul Ulum Cidahu Pandeglang Banten, juga Gusdurian Sunterjaya dan Saung Shoang Labuan Pandeglang. Lembaga filantropi yang ikut bergabung adalah @gusdurianpeduli dan #TV9peduli.

“Mereka semua, khususnya para musisi jalanan itu berusaha mengetuk hati masyarakat Indonesia untuk peduli mendukung gerakan #NgamenOnline dengan mendonasikan sebagian yang masih kita punya, dengan cara SCAN QRcode Gopay, atas nama MJC,” kata Iwenx, pentolan MJC.

MJC juga membuka pintu donasi kepada seluruh masyarakat yang peduli dengan membuka rekening donasi via transfer ke
Rek BCA 8610603999 a/n. Yayasan Jaringan @gusdurianpeduli.
(Tambahkan Kode 160 di belakang nominal. Contoh: 1.000.160)

“Dalam keterbatasannya, mereka masih peduli pada sesama. Mustinya kita juga, bukan?” tambah Iwenx.

Link video clip #NgamenOnline #COVID19 MUSIC CHARITY bisa dinikmati di sini:
https://t.co/2iAmutyy9E

“Please share and donate,” tandasnya.(Tim WRC)

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Most Popular

To Top