Ibukota

Menjamurnya Bangunan Melanggar IMB Jadi Ladang Fulus Oknum-oknum Pejabat DKI

Ayonews, Jakarta

Keberadaan bangunan melanggar di Kota Administrasi Jakarta Selatan, khususnya di Kecamatan Jagakarsa bak jamur di musim penghujan. Hampir setiap sudut wilayah Kecamatan Jagakarsa bermunculan bangunan melanggar izin dengan variasi pelanggaran.

Hasil pantauan lapangan Ayonews, ditemukan beberapa titik lokasi bangunan melanggar di kecamatan yang disebut-sebut sebagai daerah resapan air ibukota.

Seperti contoh, pembangunan 3 unit ruko 2 lapis di Jalan Timbul Raya yang disinyalir tidak mengantongi Izin Mendirikan Bangunan (IMB), 3 unit rumah tinggal 2 lapis di Jalan Yaperjasa RT 008/007, Kelurahan Jagakarsa diduga tidak mengantongi izin dan 8 unit rumah tinggal di Jalan Kecapi Raya, 4 di antaranya disinyalir berdiri di atas PHU.

Ironisnya, keberadaan bangunan-bangunan melanggar tersebut hanya dijadikan tontonan oleh aparat terkait di Kecamatan Jagakarsa, sehingga sampai saat ini pekerjaan tetap berjalaan.

Menanggapi maraknya bangunan melanggar di Kecamatan Jagakarsa, Ketua Umum LSM Investigasi Fakta Hukum (Infakum), Jenri Stg yang dimintai komentarnya mengatakan, bahwa bangunan melanggar di Jagakarsa sudah dijadikan ajang bisnis.

“Bangunan melanggar di Jagakarsa tersebut sudah menjadi ladang fulus bagi oknum-oknum terkait untuk memperkaya diri sendiri dan golongannya,” ujarnya.

Dikatakan Jenri, untuk memutus mata rantai penyebaran bangunan melanggar di lokasi tersebut harus dengan tindakan tegas.

“Yang memiliki tanggung jawab besar dalam persoalan semakin tingginya angka bangunan melanggar di wilayah tersebut adalah Kasatpel Citata selaku pengawas dan Kasatpel Pol PP sebagai penindak. Copot keduanya, ganti dengan orang-orang yang kapabel,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Jaksel, Isnawa Adji yang dikonfirmasi berjanji akan menyampaikan permasalahan tersebut ke pihak Sudin Citata dan Satpol PP Kota Administrasi Jakarta Selatan.

“Akan saya teruskan ke pihak citata dan Pol PP,” katanya.

Namun, Kasatpel Citata Kecamatan Jagakarsa, Budiono yang dikonfirmasi terkait maraknya bangunan melanggar di wilayah hukumnya memilih cuek.(Anggiat/WRC)

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Most Popular

To Top