Nasional

IAC-19 Sukses Ngerayu Wakil Menteri PUPR Potong Gaji 5 Bulan Buat Korban Terdampak Covid-19

Ayonews, Jakarta

Sejak dibentuk pada 15 Maret 2020, pemerintah disetujui setelah mengumumkan korban karena virus Corona, Indonesia Against Covid-19 (IAC-19) langsung bergerak cepat.

Berbagai kegiatan dilakukan oleh berbagai komunitas yang tergabung IAC-19 untuk membantu pemerintah memutus rantai penyebaran virus mematikan ini.

Kris Tjandra, Koordinator Komunikasi Publik IAC-19 melalui tele confrence mengungkapkan, beberapa kegiatan yang telah dilakukan dilakukan dalam IAC-19.

“Diucapkan; pada 20 Maret s / d 3 April IAC19 membagikan susu dan makan siang standar gizi tinggi ke RS di Jabodetabek,” ungkap Kris.

RSAL Mintoharjo, RSCM, Fatmawati, Atmajaya, Yadika Pd. Bambu, RS Abdul Rajak, RS Hermina Jatinegara, RS Yadika Keby. Lama, RS St. Carolus, RSU Petukangan, RS PGI Cikini, RS Ali Sibroh Malisi dan RS Elizabeth Bekasi.

“Kegiatan ini dilakukan anggota relawan IAC-19 dari komunitas INDOHCF (Indonesia Health Care Forum), De’Seniors, KREKI (Komunitas Relawan Kesehatan Indonesia), KAB (Komunitas Anak Bangsa) dan I – Elit,” terang Kris.

Tak hanya itu, lanjut Kris, IAC-19 juga telah memberikan donasi berupa masker medis, masker N95, sarung tangan, cover all, sanitizer di 7 Rumah Sakit di Jabodetabek. Di antaranya RS Marinir Cilandak, RS Hermina Karawang, RS Anisa Bekasi, RS Pelni Petamburan, RS Annisa Tangerang, RS Marinir Ridwan Meuraksa, serta RS Anna Medika Bekasi.

“Penyerahan ini dilaksanakan pada 6 April 2020,” tambahnya.

Bersama Komunitas ASKU dan Gerakan Anti Covid-19, IAC-19 juga memberikan bantuan berupa jamu dan nasi bakar kepada masyarakat Jalan Penataran 5, Pegangsaan Menteng Jakarta Pusat.
pada 10 April 2020 melalui Posko Induk Gerakan Anti Covid 19.

Komunitas Gerakan Anti Covid-19 juga ikut serta membagikan masker dan hand sanitizer serta makanan ke lingkungan masyarakat.

“Kami juga melakukan pendataan masyarakyat yang terdampak sejak 10 April 2020 setiap harinya dari pukul 08.00 – 17.00 WIB di RT/RW Rt.007/010 kelurahan Pela Mampang dan kelurahan Mampang Prapatan Jakarta Selatan,” terangnya.

Yang paling fonemenal, lanjut Kris, IAC-19, berhasil merayu Wakil Menteri PUPR,John Wempi Wetipo supaya mau memotong gajinya selama lima bulan buat membantu masyarakat terdampak musibah melalui Komunitas Gerakan Anti Covid-19 pada 9 April 2020.

“Donasi ini akan direalisasikan sebagai bantuan kepada masyarakyat melalui Posko-posko yang ada,” katanya.

Komunitas GRPB (Gerakan Rakyat Peduli Bangsa) lain. Relawan kelompok ini melakukan penyemprotan disinfektan pada 9 April 2020 di lingkungan bus angkutan umum di Terminal Senen dan Kampung Melayu.

Kepedulian IAC-19 dalam dunia pendidikan juga tak terlewatkan. Melalui Koordinator Relawan, Flyer atau Infografis, IAC-19 memberikan pendidikan Kesehatan kepada masyarakyat dalam menyikapi pandemi Covid – 19 oleh Ikatan Alumni Kesehatan Masyarakat (IAKM) sekali dalam dua hari yang dimulai pada 9-11 April 2020.

Menurut Kris, masih banyak lagi kegiatan yang sudah dilakukan komunitas relawan di bawah naungan IAC-19. Sebut saja Komunitas DANTARA memberikan bantuan masker kepada masyarakat KM YAI pada 11 April 2020 di pos-pos keamanan di kelurahan Salemba, Jakarta Pusat, Komunitas SIMA membagikan Masker kepada para pedagang di Pasar Jaya Pluit, .Komunitas BPPRI membagikan masker pada tanggal 12 April 2020 kepada masyarakat dan pengendara yang lewat Perempatan Pasar Rebo (Depan Lotte Mart), Jakarta Timur.

Yang menariknya lagi, IAC-19 sedang mempersiapkan Rumah Isolasi yang ditujukan kepada masyarakat yang tidak terlalu berisiko namun harus melakukan isolasi mandiri.

“Saat ini sedang dalam tahap pemetaan di 10 titik di wilayah DKI Jakarta dan sedang dipersiapkan juga SOP untuk rumah isolasi serta persiapan relawan medis untuk ditempatkan di Rumah Isolasi,” jelasnya.

Kris menyatakan bahwa IAC-19 terus mendata dan memantau berbagai kegiatan para relawan dari berbagai komunitas di lapangan dalam membantu pemerintah mempercepat memutus rantai virus Covid 19 ini.

Selain berbagai kegiatan relawan di lapangan, Kris mengatakan bahwa IAC-19 akan terus menyadarkan masyarakat yang memiliki kemampuan secara materi ikut berperan memberikan dukungan moril dan materiil melalui donasi.

Rencananya, donasi yang berhasil dikumpulkan dari masyarakat ini akan disalurkan untuk membantu para dokter, perawat, petugas medis juga masyarakat terdampak Covid-19.

“Kami telah mengumpulkan dompet donasi melalui Bank Mandiri: 104-0078-978-975, a / n Perkumpulan Komunitas Anak Bangsa.
Info lebih lanjut terkait IAC-19 dapat dilihat di situs web www.kabcare.com dan IG @ indonesiaagaintscovid19. (WRC Indonesia )

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Most Popular

To Top