Nasional

Ringankan Beban Warga Imbas Covid 19, Forum Perempuan Peduli Tangsel Bagi-bagi Sembako

Ayonews, Tangsel

Berbagai upaya terus dilakukan pemerintah untuk memutus rantai penyebaran virus Covid-19. Di antaranya memberikan larangan untuk mengurangi berbagai aktivitas di luar rumah melalui Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Secara ekonomi masyarakat banyak yang terpuruk. Terutama pada pekerja harian dan UMKM. Perusahaan pun banyak yang terancam bangkrut. PHK massal menghantui para buruh.

Di tengah kesulitan ini mendorong banyak dermawan menyisihkan sedikit rejeki untuk membantu masyarakat yang berimbas pada pekerja yang mencari nafkah setiap harinya.

Seperti yang dilakukan oleh ibu-ibu Forum
Perempuan Peduli Tangsel (FPPT). Demi meringankan kesulitan ekonomi, para aktivis perempuan ini membagikan Sembako di lingkungan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan (Tangsel)

Insiator Forum Perempuan Peduli Tangsel Megawati Hendra Kanung mengatakan, kegiatan ini dilakukan secara spontan. “Kami ikut berkontribusi menanggulangi dampak sosial yang ditimbulkan oleh pandemi Covid-19, jelang penerapan PSBB di wilayah Tangsel, “ujarnya, Selasa (14/04/2020)

Megawati menuturkan, pembagian dilakukan dengan cara menemui satu per satu orang-orang yang ada di jalanan dengan tidak menumpuk di satu titik. Teknis pembagian sendiri dilakukan sambil berjalan. Sasaran para pedagang asongan, sopir angkutan umum dan driver ( Ojol) bahkan para pemulung.

“Alhamdulilah, terkumpul 150 paket, hasil dari simpatisan secara swadaya dari para istri dan pegawai di Kecamatan dan Kelurahan yang ada di Pondok Aren ditambah simpatisan di group WA, “kata Megawati

Ditanya tujuan melakukan kegiatan sosial itu, istri Sekcam Pondok Aren ini mengatakan, bahwa menyikapi Covid 19 ini, bukan tanggungjawab pemerintah saja.

“Tapi, kita selaku warga harus bisa berbuat untuk membantu masyarakat yang saat ini sangat membutuhkan, “ujarnya.

Marwan, salah satu pengemudi angkutan umum yang mangkal di wilayah Bintaro, kaget secara tiba-tiba didatangi rombongan ibu-ibu membagikan sembako tanpa diduga sebelumnya.

“Terimakasih sekali atas bantuannya, emang lagi sepi, boro boro, buat setoran buat beli bensin aja susah banget. Terima kasih, semoga panjang umur dan murah rejekinya,” kata Marwan.

Sementara itu, Camat Pondok Aren Makum Sagita mengaku, aksi sosial yang dilakukan ibu-ibu itu tanpa direncanakan. Pembagian sembako tersebut bukan bantuan dari pemerintah, tapi hasil swadaya para simpatisan dan dikoordinir oleh ibu -ibu.

“Saya sampaikan, kepada para istri lurah yang dipelopori ibu Sekcam juga istri saya yang ikut peduli terhadap kondisi saat ini, sebagai bukti mendukung kebijakan pemerintah daerah dalam menyikapi permasalahan yang dihadapi saat ini, “kata Makum (Syarif/WRC)

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Most Popular

To Top