Ibukota

Tak Terpakai, Belasan Rumah Dinas Camat & Lurah DKI Mau Dijadikan Tempat Karantina Penanggulangan Covid 19

Ayonews, Jakarta 

Untuk penanganan pencegahan Covid 19. Puluhan Rumah Dinas (Rudin) Camat dan Lurah yang tersebar di wilayah Jakarta Pusat menjadi tempat penampungan isolasi untuk petugas Penyedia Jasa Layanan Perorangan (PJLP) yang menderita gejala penyakit Covid 19 antara lain, Orang Dalam Pemantauan (ODP) atau Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Wakil Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat saat ini menyediakan puluhan Rudin Camat dan Lurah di Jakarta Pusat sebagai tempat isolasi dalam upaya pencegahan virus Covid 19.

Dikatakannya, Rudin ini nantinya akan menampung warga khususnya bagi petugas Penyedia Jasa Layanan Perorangan (PJLP) yang terjangkit gejala Orang Dalam Pemantauan (ODP) atau Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Covid 19.

“Kita siapkan Rudin Camat dan Lurah untuk menampung sebagai tempat isolasi PJLP yang kena. Mudah-mudahan bisa ditekan,” jelas Irwandi saat dikonfirmasi, Rabu (08/04/2020).

Upaya ini, tambah Irwandi dilakukan untuk mencegah penyebaran virus kepada PJLP dari berbagai dinas.

“Kita imbau agar dinas masing-masing segera memberlakukan jam kerja para PJLP dengan sistem piket. Tadi juga kita minta 2-1, mereka 2 hari kerja dan 1 hari libur. Jadi mereka ada waktu untuk beristirahat, ada waktu untuk recovery menjaga fisiknya dan pola hidup bersih dan tetap jaga jarak,” pungkasnya.

Apabila salah satu petugas PJLP merasa kurang enak badan, kata Irwandi dapat langsung berkoordinasi dengan Sudin Kesehatan Jakarta Pusat, atau segera datang ke Puskesmas terdekat untuk memeriksakan kesehatan.

“Kami minta seluruh Unit Kerja Perangkat Daerah (UKPD) berkoordinasi dengan posko sudin Kesehatan. Jika ada vitamin berikan kepada PPSU dan PJLP,” tandasnya.

Pantauan di lapangan, puluhan Rudin Camat dan Lurah yang terdapat di wilayah Jakarta Pusat banyak yang tidak dihuni oleh anak buah Gubernur Anies.

Menurut sumber data dari Kepala Bagian Pemerintahan Setko Administrasi Jakarta Pusat, dari jumlah 8 Camat dan 44 Lurah di Jakarta Pusat.

Ada sebanyak sembilan Rudin yang tidak ada antara lain yakni Rudin Camat Gambir, Lurah Gambir, Lurah Gunung Sahari Selatan (GSS), Lurah Paseban, Lurah Cempaka Putih Timur, Lurah Rawasari, Lurah Gondangdia, Lurah Menteng dan Lurah Bendungan Hilir. (Irvan S/WRC)

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Most Popular

To Top