Ibukota

Naturalisasi Berantakan, Kali Sentiong Kumuh, Eh Anak Buah Anies Nyalahin Warga

Ayonews, Jakarta

Proyek pengerjaan naturalisasi Sungai Kali Sentiong Jalan Kramat Pulo Gundul Tanah Tinggi, Johar Baru, tidak tuntas. Alhasil, program penghijauan taman di sepanjang bantaran Sungai Kali Sentiong ini berantakan, kumuh dan kotor akibat tumpukan karung menumpuk di lokasi.

Kepala Suku Dinas Kehutanan Jakarta Pusat, Mila Ananda menyatakan, untuk penataan penghijauan taman di bantaran Sungai Kali Sentiong akan dilakukan bilamana pekerjaan penurapan kali oleh petugas Sumber Daya Air (SDA) selesai tahun 2021 mendatang.

“Kami akan lihat dulu area yang memungkinkan. Untuk sementara nanti akan kami tanami dengan tanaman hasil perbanyakan (stek),” ungkapnya melalui via telepon, Rabu (08/04/2020).

Dia menambahkan, untuk panjang penghijauan taman bantaran Sungai Kali Sentiong kurang lebih 1, 2 kilo meter. namun SDA baru melakukan pengerjaan sekitar 500 meter.

“Kami akan koordinasi dengan petugas Bina Marga (BM) terkait ada atau tidaknya rencana jalan atau penataan trotoar di sana,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Satuan Pelaksana (Kasatpel), Rudi Prasetya mengatakan, tumpukan karung di bantaran Kali Sentiong sepertinya punya warga.

“Untuk kegiatan proyek naturalisasi sudah lama gak dikerjakan karena sudah selesai kontraknya. Seperti ada efisiensi anggaran dari Provinsi DKI Jakarta untuk kegiatan naturalisasi tahun 2019 tersebut,” paparnya.

Sebelumnya, Wakil Wali Kota Jakarta Pusat, Irwandi menegaskan bahwa penghijauan taman di bantaran Sungai Kali Sentiong yang berantakan tersebut dapat segera dirapihkan untuk menciptakan estetika Sungai Kali Sentiong ini bersih, indah dan nyaman.

Lanjut orang nomor dua di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat ini juga meminta Suku Dinas (Sudin) Kehutanan dan KPKP Jakarta Pusat harus berbuat dan membantu penataan penghijauan taman di bantaran kali.

“Penghijauan taman di bantaran kali, jangan dibiarkan berantakan seperti di Sungai Kali Sentiong. Harus ada sentuhan penghijauan sehingga kali menjadi rapih dan tidak rawan longsor,” tandasnya. (Irvan S/WRC)

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Most Popular

To Top