Ibukota

PKL di Loksem JP Makin Liar, Lurah & Camat Tau Ngumpet di Mana, Sekelnya Ditanya Cuma Cengar Cengir

Ayonews, Jakarta

Nah loh, ternyata masih banyak Pedagang Kaki Lima (PKL) Lokasi Sementara (Loksem) JP yang sudah dihapus. Mereka secara liar menggelar lapak dagangannya di wilayah Jakarta Pusat.

Beberapa lokasi eks PKL Loksem JP ini sebelumnya adalah binaan Suku Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi Usaha Kecil dan Menegah (PPKUKM) Jakarta Pusat.

Pantauan di lapangan, keberadaan eks PKL Loksem dimaksud antara lain terletak di dua sisi jalan sepanjang Garuda Raya, Kemayoran kemudian, PKL Jalan Sumur Batu Raya.

Meski sudah dihapus Sudin PPKUKM Jakpus beberapa tahun lalu, keberadaan PKL ini malah lebih eksis berdagang di lokasi semula tanpa ditertibkan kelurahan dan kecamatan.

Kepala Suku Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi Usaha Kecil dan Menegah (PPKUKM) Jakarta Pusat, Richard Bangun Hutagalung ketika dikonfirmasi mengatakan, keberadaan PKL Loksem JP yang dibinanya saat ini sesuai Surat Keputusan (SK) Walikota Jakarta Pusat, plangnya baru, standar dan sama semua dari JP nomor 01 sampai JP nomor 65 yang sudah terintergrasi dengan auto debet Bank DKI untuk retribusi nya.

“Pokoknya PKL Loksem JP saat ini yang ter SK Walikota Jakarta Pusat plang nya baru-baru,” jelas Richard melalui via telepon, Selasa (07/04/2020).

Diakui Richard, bahwa PKL Sumur Batu dan Jalan Garuda Raya yang dihapus itu dulu merupakan eks binaannya.

“Itu mungkin dulu PKL JP, tapi sudah dihapus. Seharusnya pedagang-pedagang tersebut ditertibkan Camat dan Lurah,” tandasnya.

Sementara Sekretaris Kelurahan (Sekel) Sumur Batu, Suprayitno (Opung) menambahkan, keberadaan PKL Sumur Batu bukan lagi binaan Sudin PPKUKM Jakpus.

“Menurut informasi keberadaan pedagang Sumur Batu sudah dihapus dan bukan lagi binaan PPKUKM Jakpus,” jelasnya.

Ditanya lurah dan camatnya ngumpet, Sekel cuma cengar cengir.(Irvan S./WRC)

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Most Popular

To Top