Hukum & Kriminal

Pemalsu Uang di Tangsel Telah Edarkan Ratusan Juta

TANGERANG – Kasat Reskrim Polresta Tangerang Selatan AKP Muharram Wibisono, mengatakan dua pelaku pemalsu uang yang berhasil diamankan jajarannya sudah beraksi selama dua tahun. AM (61) dan R (23) pun sudah mengedarkan uang palsu hingga ratusan juta rupiah.

“Selama dua tahun kurang lebih sudah hampir Rp 300 juta uang palsu yang berhasil mereka transaksikan,” tutur Wibi, Rabu (11/3/2020).

Keduanya memalsukan uang memang untuk dijual. Perbandingan penjualan tersebut 1 banding 10 yaitu Rp 1 juta uang asli ditukar dengan Rp 10 juta uang palsu.

“Untuk penjualan ini, dia menjual Rp 1 juta (uang asli) per Rp10 juta (uang palsu). Dengan pecahan nominal Rp100 ribu,” jelas Wibi.

Cara kedua pelaku bertransaksi yaitu dengan bertemu langsung dengan pembeli di sebuah apartemen di bilangan Bintaro, Pondok Karya, Pondok Aren, Tangsel.

“Modusnya, dia melakukan penjualan di apartemen tersebut, sehingga si pihak yang akan membeli uang palsu ini akan datang di tempat tersebut,” katanya.

Saat ini, polisi juga masih memburu satu pelaku lainnya, M (45), yang diduga terlibat dalam aksi kejahatan tersebut.  Selain itu, polisi juga masih mendalami para pembeli uang palsu itu. “Kami masih mendalami siapa orang yang melakukan transaksi dengan para pelaku,” kata Wibi.

Pelaku dijerat dengan Pasal 36 ayat 2 dan atau ayat 3 Undang-undang Nomor 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang dengan ancaman hukuman maksimal 15 tahun penjara.

Most Popular

To Top