Ibukota

Jadi Penyebab Banjir & Limbah, AEON JGC Cakung Diserbu & Dirusak Massa

 

Ayonews, Jakarta
Dituding sebagai penyebab banjir, ratusan warga Cakung, Jakarta Timur menyerbu dan merusak Mall Aeon JGC, Cakung, Jakarta Timur, Selasa (25/2/2020) sekitar pukul10.00 WIB.

Penyebab kerusuhan diduga karena warga menyalahkan pihak mall yang menyebabkan banjir semakin parah. Akibat serangan itu, kaca-kaca dan beberapa fasilitas mall pecah dan dirusak massa.

Seorang kurir JNE yang enggan menyebutkan identitasnya mengatakan bahwa ia melihat langsung massa yang marah dan merusak beberapa bagian mall.

“Saya mau nganter barang ke toko buat pickup barang sekitar Jam 10:00. Dari informasi sih motif dari kerusuhan ini karena mall jadi penyebab banjir,” ujarnya.

Mail, seorang warga menuturkan, kawasan Mall Aeon dulunya itu daerah rawa. Biasanya setiap hujan air mengalir ke rawa yang saat ini jadi mall.

“Tapi semenjak didirikannya Aeon, malah kampung sekitar kebanjiran. Malah pihak Aeon malah mengarahkan air hujan ke daerah pemukiman. Limbah mallnya juga di arahkan ke pemukiman. Sehingga menyebabkan banjir parah di daerah pemukiman sekitar sana,” jelasnya.

Intinya, tegas Mail, akibat dirugikan karena banjir dan limbah dari Aeon, warga marah dan melampiaskan kekesalannya.

“Makanya terjadi kerusuhan. Udah ada upaya mediasi, tetap saja aspirasi warga nggak didengar. Itu pihak Pemprov kenapa ngasih izin dirikan bangunan tanpa melihat dampak lingkungan,” paparnya.(Jidane/WRC)

Most Popular

To Top