Ibukota

Banyak Bangunan Tanpa IMB Dibiarin Jadi Penyebab Banjir, Ini Bukti Gubernur Dki Oon, Anak Buahnya Pinter

Ayonews, Jakarta

Banjir Jakarta bukan hanya karena disebabkan ketidakmampuan Gubernur DKI Jakarta dalam melakukan terobosan atau ide dalam penanggulangan dan penanganan banjir. Tapi juga karena ketidakmampuannya mengatur jajaran di bawahnya.

Salah satu penyebab banjir Jakarta adalah pembiaran yang dilakukan Anies Baswedan terhadap anak buahnya sampai tingkat kecamatan dan kelurahan. Salah satunya adalah membiarkan warga atau kontraktor mendirikan bangunan tanpa Izin Mendirikan Bangunan (IMB)

Salah satunya pembangunan perumahan bentuk cluster mewah 2 lantai sebanyak 4 unit di Jl. Mabes TNI Cilangkap Delta V RT 04 RW 06, tepatnya di seberang SDN Cilangkap 01 Pagi, Kelurahan Pondok Rangon, Cipayung, Jakarta Timur ini.

Meski diduga tidak memiliki IMB, namun pihak Sektor Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan (Citata) Kecamatan Cipayung, seakan membiarkannya.

Hal yang sama juga terjadi pada pembangunan rumah cluster 3 unit di JL. Musholla Nurul Iman RT 003 RW 01, Kelurahan Pondok Rangon, Cipayung, Jakarta Timur. Sama juga diduga tak miliki IMB. Tapi aman- aman saja pembangunannya.

Diduga pihak Sektor Citata Kecamatan Cipayung “main mata” dengan pemilik bangunan sehingga pembangunan rumah cluster tersebut aman terkendali tanpa ada sanksi apapun. Dan imbasnya pada banjir besar Jakarta.

Seperti diketahui, berdasarkan pasal 40 ayat 2 huruf b UU No. 28 Tahun 2002 Tentang Bangunan Gedung dikatakan, memiliki IMB merupakan kewajiban dari pemilik gedung.

Sedangkan berdasarkan pasal 15 ayat 1 Perda Provinsi DKI Jakarta No. 7 Tahun 2010 Tentang Bangunan Gedung dikatakan, setiap orang yang akan mendirikan bangunan wajib memiliki IMB.

Selain itu, berdasarkan hasil investigasi diketahui, pemilik rumah cluster didua lokasi berbeda tersebut diduga berinisial “T”.T sendiri saat disambangi di kantornya dibilangan Cibubur, Jakarta Timur, tak berhasil ditemui.

Sementara itu, Kepala Sektor Citata Kecamatan Cipayung, Butet Magdalena, saat dikonfirmasi sedang tak dikantor.

Seorang warga sekitar juga mengaku tak mengetahui kalau bangunan itu tidak ada IMBnya. “Ini yang jadi penyebab banjir. Kalau begini sama aja gubernur DKI oon, anak buahnya pinter,” ujar warga yang menolak menyebutkan identitasnya. (Dedi Budiman/WRC Jakarta).

Most Popular

To Top