Kesehatan

Lemongrass Essential Oil Mengandung Citral, Senyawa Antimikroba Penghancur Bakteri & Jamur

LEMONGRASS atau yang lebih dikenal dengan serai merupakan salah satu tanaman yang kaya banyak manfaat. Selain dipakai sebagai penambah cita rasa kuliner, tanaman yang banyak tumbuh di wilayah beriklim tropis dan subtropis seperti India, Sri Lanka, Indonesia dan Malaysia ini memiliki manfaat baik bagi kesehatan kulit.

Saat diformulakan dalam bentuk essential oil atau minyak esensial, serai bermanfaat dalam mengatasi inflamasi hingga memberi efek relaksasi. Ya, minyak serai ini merupakan jenis minyak atsiri yang sering digunakan dalam aromaterapi dalam menjaga kesehatan maupun mapun perawatan kecantikan.

Salah satu kandungan yang ada dalam minyak serai ini adalah citral, sebuah senyawa antimikroba (zat yang menghancurkan atau menekan pertumbuhan mikroorganisme termasuk bakteri dan jamur). Minyak ini juga mengandung limonene yang terbukti mengurangi peradangan dan melumpuhkan bakteri.

Termasuk masalah inflamasi atau peradangan pada kulit. Karena inflamasi yang berkepanjangan atau kronis bisa memicu kerusakan jaringan kulit serta berbagai masalah lain seperi psoriasis dan penuaan dini.

Minyak serai juga mampu memberikan efek relaksasi saat digunakan sebagai minyak urut dan pijat. Menggunakan minyak serai satu kali selama 3 minggu dapat memengaruhi sistem saraf dan membuat tubuh jadi lebih rileks. Lebih lanjut bisa menurunkan tekanan darah diastolik, tetapi tidak dengan tekanan darah sistolik.

Minyak esensia serai juga bisa dimanfaatkan sebagai campuran toner karena memiliki kemampuan dalam mengurangi tumpukan minyak yang bisa memudarkan tampilan pori-pori dan memberi efek mengencangkan kulit.

Agar tak berefek samping pada kulit penggunaan minyak serai sebagai toner perlu diperhatikan. Minyak serai biasanya juga bisa menjadi campuran bahan lain seperti aloe vera atau witch hazel.

Minyak esensial bersifat anti-jamur dan anti-bakteri berkat kandungan citral yang terdapat pada bagian daun. Senyawa ini memiliki peran untuk mencegah peradangan akibat jamur dan bakteri. Hal ini pula yang membuat serai disebut mampu mengatasi masalah jerawat serta ruam kulit. Minyak serai mampu mengatasi jamur, seperti Candida albicans yang jadi pemicu sariawan.

Serai dalam bentuk essensial oil sebaiknya tidak digunakan oleh pemilik jenis kulit sensitif atau diaplikasikan pada kulit yang sedang luka. Sebelum menggunakan minyak serai pastikan untuk melakukan patch test di area leher, dan diamkan selama 14 jam. Jika tidak ada reaksi pada kulit maka Anda bisa menggunakan kandungan ini di area lain.

Dalam aromaterapi, menghirup aroma minyak atau menggunakannya secara langsung diduga dapat mengirimkan pesan ke otak terlibat dalam mengendalikan emosi. Sehingga dapat menenangkan pikiran dan mengatur mood atau perasaan seseorang. Dikenal sebagai sistem limbik, bagian otak ini juga mempengaruhi sistem saraf. Dalam beberapa penelitian, minyak esensial serai ini dapat mempengaruhi detak jantung, tingkat stres, tekanan darah, pernapasan dan fungsi kekebalan tubuh.

Minyak serai dapat digunakan sebagai obat alami untuk menyembuhkan luka dan membantu mencegah infeksi. Efektif terhadap berbagai bakteri yang resistan terhadap obat yang dapat menyebabkan infeksi luka, pneumonia, infeksi darah dan infeksi usus serius dan membunuh bakteri penyebab jerawat pada kulit.

Minyak serai juga dapat membantu menghambat pertumbuhan jamur tertentu dan membasmi fungi yang disebut dengan pityriasis versicolor.

Peradangan yang kronis dan dianggap dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan, seperti radang sendi, penyakit kardiovaskular, dan bahkan kanker dapat diatasi dengan minyak serai karena mengandung citral yaitu senyawa yang berperan sebagai anti-inflamasi.

Antioksidan membantu tubuh melawan radikal bebas yang dapat merusak sel pada kulit. Penelitian menunjukkan bahwa minyak serai dapat membantu menghadapi radikal bebas. Obat kumur minyak serai menunjukkan kemampuan antioksidan yang kuat.

Minyak serai dapat dikombinasikan dengan carrier oil seperti jojoba, almond atau avocado. Minyak serai dapat diaplikasikan langsung ke kulit atau ditambahkan ke dalam bak mandi dalam jumlah kecil.

Minyak serai banyak digunakan sebagai salah satu minyak aromaterapi pada prosesi Spa ataupun massage. Tak heran jika minyak ini banyak digunakan karena memang manfaatnya yang banyak tak hanya untuk kecantikan kulit tapi juga untuk kesehatan. Minyak serai sebagai salah satu pilihan aromaterapi saat melakukan Spa ataupun Massage.***

 

 

Most Popular

To Top