Kesehatan

Scalp Shampo Bukan Cuma Buat Pria, Wanita pun Bisa Menggunakannya

KEBANYAKAN kaum pria ketika bermasalah dengan kesehatan rambut selalu mencari produk scalp shampoo. Produk ini memang dibuat khusus untuk pria yang ingin menjadikan rambutnya lebih tebal dan lebat.

Ya, belakangan ini scalp shampoo mulai banyak diburu kaum pria untuk merawat kesehatan rambut dan kulit kepala. Apa saja perbedaan antara sampo biasa dengan sampo khusus untuk kulit kepala?

Sampo biasa memiliki fungsi untuk membersihkan dan membuat rambut halus, serta tampak berkilau. Sementara, scalp shampoo lebih berfungsi untuk membersihkan kulit kepala dan menyehatkannya agar rambut jadi tebal dan lebat.

Lantas, bisakah wanita menggunakan shampo jenis ini untuk perawatan yang sama dengan pria? Jawabannya bisa!

Tapi ingat, pilihlah produk yang sesuai dengan kondisi kulit kepala. Tidak bisa sembarangan menggunakanhya. Bagi wanita, harus jeli saat menggunakan produk scalp shampoo. Karena shampoo jenis ini mengandung unsur yang keras dalam proses menyehatkan rambut dan kulit kepala. Rambut dapat tumbuh lebih sehat dan kuat. Tapi juga bisa dipakai bagi yang tidak memiliki masalah dengan kulit kepala.

Banyak jenis scalp shampoo di pasaran. Memilih produk yang salah dapat menimbulkan masalah bagi kulit kepala. Secara umum scalp shampoo dibagi menjadi dua jenis; untuk wanita dan untuk pria. Secara kemasan, keduanya juga memiliki tampilan berbeda.

Karena pengaruh hormon, kulit kepala pria lebih mudah berminyak jika dibandingkan wanita sehingga scalp shampoo untuk pria memiliki kemampuan membersihkan yang lebih kuat.

Berbeda dengan pria, kulit kepala wanita lebih halus dan tipis. Dengan demikian, bahan scalp shampoo yang digunakan adalah bahan yang lebih ringan dan tidak menimbulkan iritasi pada kulit kepala.

Tapi ada juga produk scalp shampoo khusus wanita yang memiliki kemampuan membersihkan yang kuat. Ada juga rambut wanita yang cocok saat memakai scalp shampoo khusus pria.

Ini cara memilih scalp shampoo sesuai dengan jenis rambut Anda. Untuk rambut tipis dan gampang rontok, gunakan scalp shampoo tanpa bahan silicon. Scalp shampoo mengandung bahan menumbuhkan dan menyuburkan rambut. Sayangnya, bahan tersebut tidak mampu mencegah kerontokan rambut yang sudah tumbuh.

Untuk mencegah kerontokan, hindari bahan yang mengandung silikon. Untuk mencegah kerontokan terutama pada rambut yang tipis, scalp shampoo sebaiknya tidak hanya mengandung bahan yang dapat membersihkan rambut, namun disertai dengan suplemen yang dapat menutrisi kulit kepala.

Pilih jenis kemampuan yang kuat untuk membersihkan kulit kepala berminyak agar rambut dapat dibersihkan dengan sempurna. Sebab minyak yang tersisa di kulit kepala dapat menimbulkan bau dan menimbulkan jerawat.

Untuk Anda yang rambutnya tidak bisa dibersihkan hanya dengan menggunakan sampo biasa, bisa menggunakan scalp shampoo khusus untuk kulit berminyak.

Untuk Anda yang sudah menggunakan sampo khusus kulit berminyak, namun belum mendapatkan hasil maksimal, gunakan air hangat saat keramas agar minyak pada rambut akan lebih mudah dibersihkan.

Untuk Anda yang memiliki kulit kepala kering dan sering mengalami gatal-gatal akibat ketombe, pilih shampo yang mengandung jojoba oil, argan oil, camellia oil, atau bahan lainnya yang mengandung pelembap alami tumbuhan.

Medical shampoo juga dapat menjadi solusi untuk rambut berketombe. Di dalam medical shampo terkandung bahan yang dapat mengurangi gatal-gatal, khususnya untuk Anda yang bermasalah dengan ketombe yang diakibatkan oleh mikroba.***

 

 

 

Most Popular

To Top