Kesehatan

Kulit Kepala Tak Sehat Bikin Rambut Kumal Tak Terawat

RAMBUT sehat tidak hanya dilihat dari bagian batangnya saja, tapi juga permukaan kulit kepala. Batang rambut yang sehat belum tentu kulit kepala tidak bermasalah. Saat kulit kepala bermasalah, tampilan rambut pun jadi tak indah.

Kondisi kulit kepala tidak bersih bisa berdampak buruk pada kesehatan rambut. Bila tak dijaga, bisa membuat rambut kering, berketombe, gatal, kulit kepala berminyak dan mudah lepek.

Jika merasa kondisi kulit kepala sudah bermasalah berarti perlu melakukan perawatan. Biasanya, masalah rambut karena beberapa hal yang kerap Anda abaikan.

Di antaranya, pertama jarang keramas. Kebutuhan keramas setiap orang berbeda. Idealnya keramas dilakukan 2-3 hari sekali. Jika lama tak keramas, semua kotoran, debu, dan minyak yang mengumpul di kulit. Bila dibiarkan menyebabkan gatal.

Kedua, membiarkan kulit kepala kering. Untuk mencegah kekeringan, pakailah produk perawatan khusus rambut kering agar formulanya dapat melembapkan rambut dan kulit kepala secara mendalam.

Ketiga, alergi kkarena tak cocok menggunakan produk cat pewarna rambut atau bahan tertentu pada produk perawatan tertentu. Ketika ingin mengecat rambut, disarankan memakai satu produk, kalau tak cocok bisa mencoba produk lainnya.

Keempat, ada dua jenis gangguan kulit karena sistem kekebalan tubuh yang lemah. Bisa stres, infeksi, dan cuaca dingin. Gangguan itu berupa eksim dan psoriasis. Eksim biasanya diderita bayi dan anak-anak, sementara psoriasis muncul pada orang dewasa yang ditandai kulit berkerak dan kemerahan.

Kelima, kutu atau telurnya yang menyebar membuat kulit kepala sangat gatal. Jika benar ada kutu di rambut, segeralah pakai obat kutu dan shampoo merang. Tidak sekadar gatal berlebih, keberadaan parasit juga membuat rambut kumal.

Keenam, terdampak infeksi Jamur jenis malassezia. Jamur inj menyebabkan infeksi di kepala. Biasanya infeksi jamur terjadi karena sisa-sisa produk perawatan rambut seperti shampoo dan conditioner yang tidak terbilas bersih.

Ketujuh, rambut rontok hingga mengakibatkan kebotakan. Ini gejala cukup serius, akan muncul bintik kecil dan rasa gatal. Bila kepala gatal diikuti dengan kerontokan rambut yang parah, segeralah lakukan langkah pengobatan.

Kedelapan, kulit kepala gatal bisa jadi Anda mengidap penyakit limfoma, yakni kanker yang muncul dalam sistem limfatik yang menghubungkan kelenjar getah bening di seluruh tubuh. Rasa gatal karena penyakit limfoma biasanya diiringi dengan pembengkakan kelenjar getah bening. Masalah ini kerap dialami lansia di atas usia 50 tahun.

Kesembilan, kulit kepala gatal yang disertai munculnya benjolan serupa jerawat. Jika digaruk terlalu keras, benjolan bisa pecah, mengeluarkan nanah, bahkan berdarah. Segera tanggulangi dengan pengobatan.

Kesepuluh, ikatan rambut yang terlalu kencang dalam waktu lama dan memasang hair extension juga bisa bermasalah. Sebab, akan menarik folikel rambut yang semakin lama mempengaruhi jaringan parut sehingga menyebabkan rambut rontok karena araf dan otot di sekitar rambut juga akan tertarik, membuat kepala gatal dan sakit. Kalaupun rambut harus diikat, longgar saja atau tidak dalam waktu lama.

Untuk mengobati bisa lakukan di tempat perawatan atau melakukannya dengan cara sendiri. Bisa juga pakai scrub buatan dengan mencampur gula/baking soda, conditioner, dan essential oil.

Setelah keramas, pakailah tonik dan fokuskan pada bagian kulit kepala yang bermasalah. Tekstur tonik yang cair mudah diserap kulit sehingga memberi efek lebih nyata. Pemakaian tonik ini bantu mengurangi kemerahan pada kulit kepala mengelupas.

Kulit kepala kering dan iritasi bisa dilawan dengan mengoleskan minyak kelapa atau jojoba oil yang memiliki fungsi anti-jamur dan anti-inflamasi. Minyak sekaligus akan memberi kelembapan pada kulit kepala kering.

Pakailah conditioner dengan benar. Aplikasikan dari tengah hingga ujung rambut. Ini karena conditioner diformulasikan untuk batang rambut, bukan kulit. Ini karena conditioner dapat menyumbat pori-pori kulit kepala.

Kalau kondisi semakin parah, lakukan kombinasi sederhana dari perawatan yang menenangkan dan menyegarkan secara holistik dengan perawatan Gaya Easy. Treatment ini divariasikan dengan footbath hair & scalp treatment, manicure & Pedicure, shampoo & blow, ditambah dengan Spa Essentia – Hair care conditioner. Dengan tenang Anda bisa berelaksasi sambil menikmati teh hangat dan vanilla pudding. ***

Most Popular

To Top